15 Manfaat Konsumsi Jagung Manis

Jagung kaya akan manfaat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Untuk menjaga kesehatan yang baik, makanan adalah objek yang paling penting. Energi yang dibutuhkan seperti vitamin, mineral, terdapat dalam sejumlah jenis sayur dan buah.

Produksi Meningkat, Impor Pangan Menurun

Jagung manis merupakan sayuran yang lembut dan lezat, dan dapat dikonsumsi dalam bentuk berbagai resep. Apa manfaat jagung bagi kesehatan?

Seperti yang dilansir dari Boldsky, jagung manis mengandung gula dari elemen pati. Berikut adalah 15 manfaat jagung manis:
7 Manfaat Ajaib Jagung Rebus untuk Kesehatan

Kaya kalori
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat
Jagung dapat membantu Anda saat diet, karena banyak mengandung kalori, sehingga dapat menggantikan gula dan nasi. Semangkuk atau 100 gram jagung mengandung 342 kalori.

Dampak positif pada wasir dan kanker
Jagung manis merupakan sumber yang kaya serat dan dapat membantu pencernaan. Jagung juga dapat menghindari Anda dari sembelit dan wasir. Selain itu, jagung mengurangi risiko kanker usus.

Kaya vitamin
Jagung manis merupakan sumber vitamin B seperti tiamin dan Niacin. Vitaminnya bermanfaat bagi sistem saraf Anda dan mengurangi risiko penyakit seperti diare dan demensia

Kaya mineral
Jagung manis mengandung banyak mineral yang berfungsi untuk tubuh. Mineral seperti seng, besi, tembaga, mangan terdapat dalam jagung manis. Jagung juga mengandung mineral khusus seperti selenium yang membantu tubuh Anda.

Antioksidan
Jagung manis memiliki banyak sifat antioksidan yang mencegah radikal bebas yang menyebabkan kanker. Jagung mengandung fenolik, asam ferulic yang dapat mengurangi ukuran tumor payudara serta kanker hati.

Kesehatan jantung
Jika Anda menggunakan minyak jagung saat memasak, dapat membantu kesehatan hati/liver. Minyak jagung menurunkan tekanan darah dan mengurangi penyumbatan arteri. Kondisi itu dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Mencegah anemia
Dengan tingkat zat besi yang baik, jagung manis membantu untuk membangun sel-sel darah merah baru, sehingga dapat mencegah anemia.

Mengurangi kolesterol LDL 
Minyak kulit jagung mengurangi penyerapan kolesterol dengan menurunkan tingkat kolesterol LDL. Walau demikian, bukan berarti mengurangi efektivitas kolesterol HDL yang baik dalam tubuh.

Kaya vitamin A 
Jagung manis mengandung Beta karoten yang tinggi membentuk vitamin A dalam tubuh. Kandungan itu dapat meningkatkan daya penglihatan dan kesehatan kulit. Jagung manis merupakan sumber vitamin A yang tinggi.

Mengontrol diabetes
Konsumsi jagung yang mengandung sifat non insulis untuk diet teratur membantu mengurangi diabetes mellitus.

Mencegah hipertensi
Dalam kehidupan saat ini sulit untuk menyingkirkan hipertensi. Jagung merupakan nabati yang mengandung phytochemical fenolik untuk mengurangi tingkat hipertensi. Dengan demikian, membuat hati/liver Anda kuat dan terhindar penyakit lain.

Mengurangi nyeri
Jagung manis adalah sumber kaya magnesium, zat besi, vitamin B, dan protein yang dapat membantu intensifikasi jaringan ikat tubuh. Bagi lansia yang menderita nyeri sendi, semangkuk jagung manis rebus dapat membantu dalam proses diet mereka.

Sumber energi
Karbohidrat dalam jagung manis membuat Anda aktif dalam waktu lama karena kaya energi. Semangkuk jagung manis saat makan siang dapat menghilangkan lesu, dan Anda dapat kembali bekerja.

Untuk kehamilan
Jagung manis terdiri atas komponen asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Efektif Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit karena kurangnya Timin. Jadi, pasien harus mengonsumsi jagung manis setiap hari sebagai makanan pokok untuk dapat mengurangi Alzheimer. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya