Ilmuwan Temukan Cara Bikin Es Krim Tak Cepat Mencair

Ilustrasi es krim vanila
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Es krim memang paling pas disantap saat cuaca panas. Namun, tentu es krim jadi cepat mencair. Mungkin itu sebabnya kini telah hadir inovasi es krim terbaru yang tidak cepat mencair.

Es Krim Produksi Rumahan Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Dilansir dari Daily Mail, kini para ilmuwan telah menemukan cara menciptakan es krim yang lebih padat dan mampu tetap beku lebih lama. Hal tersebut karena penggunaan protein khusus yang membantu bahan-bahan lebih menempel.

Protein tersebut mengikat udara, lemak dan air dalam es krim dan dapat ditemukan secara alami di hidangan asal Jepang bernama natto.

Empat Makanan Termahal di Dubai
Para peneliti dari University of Edinburgh dan University of Dundee menemukan, menambahkan protein yang terkandung pada natto membuat es krim menjadi tahan lama dan tidak cepat mencair. Tak hanya itu, protein itu juga dapat mencegah es krim mengkristal saat dibekukan sehingga konsistensinya tetap lembut dan creamy.

Lima Varian Es Krim Vanilla Ini Bisa Dicoba
Yang lebih menarik adalah, temuan ini juga akan membantu banyak produsen membuat produk es krim menggunakan kadar lemak jenuh yang lebih rendah sehingga hasilnya es krim yang rendah kalori.

Para peneliti memprediksi, es krim yang dibuat menggunakan protein natto kemungkinan akan tersedia di pasaran dalam waktu 3-5 tahun mendatang.

Sebagai informasi, natto merupakan hidangan yang dibuat dari kacang kedelai fermentasi dengan kadar protein yang tinggi. Teksturnya lengket dengan lendir yang melekat pada kacang. Aromanya mirip dengan keju, namun jauh lebih kuat dan menyengat. Masyarakat Negeri Sakura biasa menyantapnya dengan nasi putih sebagai menu sarapan.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya