Tips Pilih Warna Cat untuk Percantik Dekorasi Ruang

Salah satu konsep rumah minimalis yang sejuk.
Sumber :
  • http://deasin-rumah-minimalis.blogspot.com/
VIVA.co.id
Serbuan Akuarium Unik di Jepang
- Cat tembok memberikan sentuhan akhir yang menawan dalam setiap proses renovasi rumah. Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui cara yang tepat untuk memilih warna sehingga mereka lebih memilih warna yang aman seperti putih.

Ketika Dapur dan Kamar Mandi Dihias dengan Perabot Mewah

Memilih warna menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, padahal tidak ada salahnya bermain warna untuk interior ruang. Untuk itu cobalah mengetahui prinsip dasar dalam memilih warna cat seperti dilansir dari
Vertical Garden, Kebun Cantik Tanpa Tanah
My Home Ideas berikut :

Memahami Warna


Penting memulai dengan teori dasar warna. Perhatikan pada roda warna, kelompokkan pada warna primer seperti merah, biru, dan kuning. Kemudian perhatikan warna sekunder yang menyatu dengan warna primer seperti oranye, hijau, dan violet. Terakhir, lihat bagaimana warna tersier bercampur seperti kuning dan oranye, biru dan violet. Warna yang saling melengkapi terletak pada sisi berlawanan dalam roda warna yaitu hijau dan merah. Ketika dikombinasikan, masing-masing warna akan saling menguatkan. Sedangkan warna yang berdampingan dalam roda warna biasanya akan tampak bagus jika digabung.


Tentukan Tujuan


Saat menyukai warna yang kuat coba pikir ulang, karena hal ini akan membuat seisi ruangan akan jadi sedikit berlebihan, pikirkan cara untuk menjadikan warna yang kuat tersebut hanya sebagai aksen, seperti memisahkan dinding dari perabotan.


Warna Hangat atau Dingin


Warna hangat dalam roda warna adalah merah, kuning dan oranye, sedangkan warna yang memberi kesan dingin adalah hijau, biru dan violet. Dalam palet warna, pilih salah satu warna dari kelompok tersebut sebagai penyeimbang. Sebagai contoh biru untuk kamar mandi bisa bersinergi dengan aksesoris warna oranye. Warna kuning emas pada dapur bisa terlihat meriah dengan adanya warna hijau dari perlengkapan makan.


Ketahui Tata Cahaya


Setelah memahami teori warna dan warna kesukaan, pelajari cara bermain dengan cahaya di rumah. Selama beberapa hari coba amati antara warna alami dan warna buatanĀ  di dalam ruang yang akan diganti cat. Kemana arah rumah menghadap, apakah akan penuh dengan sinar matahari saat pagi atau sore, dan bagaimana cahaya lampu mempengaruhi ruangan sepanjang hari. Pilihlah dua warna turunan, yang satu lebih terang dari yang lain. Terapkan warna yang lebih terang pada tembok yang paling sering terkena sinar matahari, hal ini akan menambah efek cahaya dalam ruang.


Ratakan Warna


Saat memilih warna untuk ruang yang terhubung, seperti dapur dan ruang makan atau ruang keluarga, ciptakan warna yang bisa menyatukan ruangan. Satu cara paling mudah adalah dengan meratakan cat seperti pada pintu, jendela, langit-langit. Warna seperti putih atau off white atau cokelat adalah pilihan yang tepat.


Terhubung


Cara paling mutakhir untuk menghubungkan ruang adalah dengan menggunakan palet warna serupa. Baik dinding, perabotan hingga tirai pilih warna yang bisa menyatu dari palet warna, seperti hijau dan kuning meskipun berseberangan namun kedua warna bisa saling melengkapi.


Warna Netral

Warna seperti abu-abu, putih, beige dan cokelat dan semua turunannya adalah pilihan yang tepat. Gunakan warna yang lebih gelap untuk dinding yang lebih menjorok atau memiliki aksen pemisah di dalam ruang.


Kayu dan Bata

Ketika ada bagian di dalam rumah yang menggunakan kayu atau bata, pilihlah warna yang ada di antara kayu atau bata tersebut. Sebelum membeli cat, cobalah menerapkan contoh cat di sepanjang bata atau kayu untuk melihat apakah warna bisa saling terhubung. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya