Kandungan Kalori dalam Deretan Camilan Khas Indonesia

Ilustrasi camilan gorengan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kalau masih senang ngemil gorengan, sebaiknya mulai dipikirkan ulang. Meski camilan diperbolehkan sebagai makanan ringan yang memiliki manfaat untuk penghilang rasa lapar sementara waktu, dan sekaligus memberikan sedikit pasokan tenaga ke tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk gorengan.

5 Hal yang Pengaruhi Pesanan Makanan di Restoran
Itu karena camilan yang disarankan adalah yang mengandung jumlah kalori sekitar 10 hingga 20 persen total kebutuhan kalori atau minimal 50 kalori dan maksimal 200 kilokalori. Tentu saja Anda harus memilih jenis camilan yang sehat.
 
Ketahui Enam Kebiasaan Makan Sehat yang Salah
Kategori sehat yang dimaksud adalah bebas dari perubahan fisik, kimia yang tidak dikehendaki, yang mungkin timbul karena pengaruh enzim, aktivitas mikroba, hewan pengerat, serangga, ataupun kerusakan yang timbul akibat tekanan dalam proses memasak dan mengeringkan. Juga harus bebas dari mikroorganisme dan parasit.
 
Wajib Tahu, Pola Makan dengan Gizi Seimbang
"Contoh camilan sehat yang disarankan adalah seperti kue soes isi sayur dengan jumlah kalori 261 kilokalori untuk setiap dua buah, dan 110 kilokalori untuk donat, dan 80 kilokalori untuk bolu kukus," ujar Siti Muliana Sari, S.Gz, ahli gizi dari Klinik Dokter Keluarga FKUI dalam acara bertajuk Relaunching Tepung Premiks Chesa Bolu Kukus dan Donat, di KidZania, Jakarta Pusat, Senin, 29 Februari 2016.
 
Sedangkan gorengan yang menjadi favorit semua orang, seperti pisang goreng, memiliki jumlah kalori setara dengan 100 gram nasi, yaitu sebesar 190 kilokalori untuk setiap satu porsi. Sedangkan risoles mengandung 150 kilokalori, empat buah pastel 313 kilokalori, martabak manis sebesar 200 kilokalori untuk setiap potong, dua buah kue lumpur sebanyak 250 kilokalori dan nagasari sebesar 275 kilokalori.
 
Sementara combro sendiri mengandung 113 kilokalori, hampir setara dengan dua buah pisang, karena satu pisang mengandung 50 kilokalori.
 
Untuk itu, sebagai ibu atau wanita yang ingin memiliki pola makan sehat, sudah seharusnya Anda membuat camilan sendiri di rumah. Itu karena, saat ini di pasaran telah tersedia tepung khusus untuk membuat camilan sehat seperti donat, bolu kukus, panekuk, truffle dan sebagainya, yang meskipun digunakan pemula, dijamin kue apapun yang dibuat pasti berhasil.
 
"Karena kan biasanya dalam membuat kue yang susah adalah campuran adonan tepung, soda kue dan gula, dan dengan tepung siap saji ini dijamin berhasil, karena semua bahan yang dibutuhkan sudah ada dalam kemasan," kata Erman dari Bogasari saat ditemui di kesempatan yang sama.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya