Tiga Kesalahan Umum Membuat Mashed Potato Jadi Tidak Enak

Daging sosis kentang tumbuk mashed potato puree
Sumber :
  • VIVA.co.id / Renne Kawilarang

VIVA.co.id – Mengonsumsi mashed potato mulai digemari mereka yang sedang menjalani program diet. Cara memasak mashed potato dengan benar akan membuat ketagihan, namun jika diproses dengan cara yang salah mungkin Anda tidak mau lagi mengonsumsi makanan ini karena kentang tersebut terasa bergetah dan memiliki rasa yang tidak enak.

Resep: Kentang Panggang yang Bikin Ngiler Buat Sahur dan Buka Puasa

Sara Foster, pemilik Foster's Market, sebuah kafe di Durham, Carolina Utara sudah berpengalaman membuat mashed potato selama bertahun-tahun, baik di restoran maupun di rumah. Dalam bukunya yang berjudul Foster's Market Favorites, Foster membeberkan beberapa hal yang harus dihindari ketika membuat mashed potato.

Memotong Kecil Kentang
Seperti dikutip dari laman Oprah, Foster mengatakan bahwa ia tidak akan memotong lagi kentang yang sudah berukuran kecil dan jika terlalu besar ia hanya membaginya menjadi potongan-potongan besar.

Trik Jitu, Bikin Kentang Enggak Berubah Warna Meski Dikupas Kulitnya

Usahakan kentang tetap memiliki ketebalan sekitar 1,5 inci. Jika dipotong terlalu kecil, kentang akan menyerap banyak air, warnanya akan memudar, dan tidak menyerap bahan lain.

Sebelum merebus, ketika Anda memotong kentang, letakkan potongan tersebut ke dalam wadah berisi air dingin agar warnanya tidak berubah. Kecilkan suhu hingga mendidih dan tutup wajan ketika merebus kentang agar bisa matang lebih cepat.

Kentang Panggang Kekinian yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Mengangkat Kentang Rebusan dan Membiarkannya Terendam Air
Kesalahan terbesar yang dilihat Foster dalam membuat mashed potato adalah merebus dan membiarkan kentang tersebut terendam air selama berjam-jam. Hal ini membuat kentang menyerap lebih banyak air. Ketika selesai merebus kentang, buang air rebusan tersebut dan sisakan sedikit saja air di dalam wadah tersebut. Kemudian diamkan kentang dalam kondisi wajan masih tertutup. Sebelum menumbuk Anda bisa kembali menghangatkan kentang-kentang ini.

Menumbuk dengan Alat yang Salah
Kentang dalam keadaan panas, sudah siap untuk ditumbuk. Buang semua air yang ada dalam wajan, tambahkan butter dan susu kemudian tutup wajan. Kentang dan wajan yang masih hangat akan mencairkan butter dan menaikkan suhu susu tersebut. Biarkan selama lima menit, lalu tumbuk.  

Jika Anda suka kentang yang sedikit kasar, Foster menyarankan menggunakan penumbuk manual, jika Anda menyukai teksur yang lembut, gunakan mixer tangan. Hindari menggunakan alat pemroses makanan seperti blender karena akan menimbulkan banyak pati yang dan membuat kentang menjadi lengket dan bergetah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya