Pencinta Kuliner Jepang, Perlu Tahu Etika Menyantap Sushi

Sushi.
Sumber :
  • Pixabay/ADOnlinePromo

VIVA.co.id – Sushi memang sudah menjadi salah satu makanan populer di Indonesia. Tak sedikit pula yang menjadikan sushi sebagai makanan favorit mereka.

Pemegang Saham Restoran Sushi Tempuh Jalur Pengadilan Agar RUPSLB Digelar

Meskipun Anda sudah mencoba berbagai jenis sushi baik buatan lokal atau asli Negeri Sakura, ada baiknya pula Anda mengetahui etika saat menikmati sushi.

Jadi, ketika Anda berkunjung ke restoran di Jepang, saat sudah mulai mengetahui etika menyantap sushi, Anda tidak canggung dan bisa menikmati sushi seperti orang Jepang sesunggguhnya.

Rekomendasi 5 Restoran Sushi PIK yang Enak dan Tempatnya Estetik!

Berikut etika mencicipi sushi dilansir dari laman Bon Appetit.

1. Duduklah di sushi bar. Buat kontak mata dengan kepala juru masak sushi (biasanya juru masak berada di dekat pintu masuk) atau pada juru masak lain yang berada di sekitar Anda. Hal ini untuk menunjukkan keseriusan Anda memesan sushi. Tak hanya itu, Anda bisa menanyakan makanan apa yang paling baru. Cara ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kualitas ikan terbaik dari sang juru masak.

Restoran Jepang Ini Jual Sushi Terkecil di Dunia, Hanya dengan Satu Butir Nasi

2. Gunakan tangan saat mencicipi sushi nigiri (ikan dengan nasi) atau sushi roll. Jangan gunakan sumpit karena beras pada sushi nigiri akan tumpah berserakan ketika dijepit dengan sumpit. Gunakan sumpit saat mencicipi sashimi.

3. Jangan merendam ikan dalam kecap asin. Cukup celup sisi yang ditutupi potongan daging ikan karena jika Anda mencelupkan bagian nasi, maka nigiri akan berserakan.

4. Sekali lahap. Sashimi, sushi nigiri dan maki rolls harus dikonsumsi dalam satu kali suapan. Biasanya ukuran sushi di Jepang lebih kecil ketimbang di negara lain.

5. Makan sesuai urutan. Dari manis hingga asin, atau dingin ke panas, tekstur padat ke cair. Mulailah dengan mencicipi sashimi terlebih dahulu, kemudian sushi dengan nasi, lalu miso. Asinan jahe dimakan berselingan setelah menikmati satu sushi.

Salah satu menu di Sushigroove

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya