Lima Cara Seru Menyimpan Rempah Segar agar Tahan Lebih Lama

Ilustrasi herba dan rempah-rempah
Sumber :
  • Pixabay/maxmann

VIVA.co.id – Rempah atau tumbuhan herba adalah salah satu bahan masakan yang secara alami mampu melezatkan masakan dan memberikan cita rasa tambahan. Namun, saat ini orang terbilang cukup jarang menggunakan herba segar saat memasak. Mereka umumnya membeli rempah dan herba kering atau yang sudah diolah menjadi bubuk, dengan alasan lebih praktis dan mudah diolah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Padahal, herba segar akan membuat masakan jauh lebih lezat, dan jika ada sisa pun Anda bisa menyimpannya agar tahan lama. Anda bisa membekukan hingga mengeringkan berbagai jenis herba seperti rosemary, oregano, thyme dan sebagainya. Berikut ini adalah lima cara yang akan membantu Anda, seperti dilansir dari Buzzfeed Food.

Potong dan bekukan

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Anda cukup memotong dan mencacah rempah dan tumbuhan herba, kemudian menyimpannya di dalam ziplock bag atau plastik dengan segel. Pastikan seluruh udara telah Anda keluarkan dari plastik tadi. Lalu simpan dan bekukan di dalam lemari es.

Keringkan dengan menggantungnya di dalam tas kertas

Manfaat Allspice: Rempah Jamaika Serbaguna untuk Kesehatan

Pertama-tama pastikan rempah dan herba Anda telah dikeringkan setelah dicuci bersih. Anda bisa memasukkannya ke dalam microwave dan memanaskannya terlebih dahulu. Masukkan ke dalam paper bag atau tas yang terbuat dari kertas dan gantung dengan posisi terbalik. Tas ini akan memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada rempah Anda.

Untuk menggantungnya, Anda bisa memanfaatkan bantuan tali.

Bekukan di dalam minyak atau mentega

Untuk melakukannya, Anda harus mencacah rempah dan herba Anda terlebih dahulu dan campurkan ke dalam minyak atau mentega yang telah dilelehkan. Aduk rata lalu masukkan campuran tersebut ke dalam cetakan es batu dan simpan hingga beku di dalam freezer.

Setelah beku, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan tambahan untuk berbagai jenis makanan.

Ilustrasi rempah dan minyak yang dibekukan

Dibuat es batu untuk minuman

Rempah dan tumbuhan herba juga sangat lezat dicampur ke dalam minuman. Untuk itu, cacah dan campur dengan air, kemudian masukan ke dalam cetakan es batu dan bekukan di dalam lemari es.

Setelah menjadi es batu, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam minuman apa pun yang membutuhkan sedikit tambahan cita rasa.

Dijadikan perasa garam

Caranya adalah dengan mencuci dan mengeringkan rempah dan herba, kemudian cacah kasar. Anda lalu bisa memasukkannya ke dalam stoples berisi garam. Dengan begitu, setiap Anda menggarami masakan, Anda juga memberikan sedikit cita rasa rempah yang lezat ke dalam masakan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya