Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Ilustrasi rempah
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id - Rempah-rempah adalah senjata ampuh untuk membuat makanan menjadi lebih kaya rasa. Nah, jika Anda memiliki banyak persediaan rempah di dapur, sudahkah Anda menyimpannya dengan benar?

Dilansir dari laman Real Simple, Padma Lakshmi, penulis buku The Encyclopedia of Spices & Herbs, rempah haruslah disimpan di tempat yang benar karena rempah akan 'menua' akibat terpapar sinar matahari atau suhu panas kompor. Oleh karena itu, menyimpan rempah di ruang terbuka, menghadap ke arah jendela atau dekat dengan kompor bukanlah hal yang tepat.

Jika memungkinkan, Lakshmi menyarankan untuk membeli rempah utuh atau rempah yang belum diolah sama sekali dan memotong atau menghaluskannya sendiri di rumah.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

Tidak hanya tahan lama, mengolah rempah hanya sesaat sebelum dimasak akan memberikan rasa yang lebih kaya pada makanan, ketimbang menggunakan rempah olahan atau yang sudah dibungkus di dalam kemasan.

Namun, sebelum Anda menghaluskan atau menggiling sendiri rempah Anda, Lakshmi menyarankan untuk menggoreng rempah tersebut tanpa menggunakan minyak atau sering disebut sangrai, setidaknya selama dua hingga tiga menit.

"Anda akan merasakan perbedaannya dan mencium aroma yang berbeda pula," kata Lakshmi.

Wajib Tahu, 10 Trik Memasak Mudah dan Bebas Repot

Ilustrasi rempah

Ilustrasi baking soda.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ketahui penggunaannya agar masakan tidak gagal.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016