Indonesia Coffee Events, Ajang Tingkatkan Kualitas Barista

Indonesia Coffee Events (ICE) 2018.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Dunia perkopian di Indonesia kini tengah berada di puncak tertinggi, terlebih di kalangan generasi millennial. Gelombang ini diperjelas dengan maraknya kedai kopi di ruas-ruas jalan, perkantoran hingga masuk dalam kancah perfilman Indonesia.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di balik hingar bingar tersebut, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa kopi yang kini dinikmati di kalangan masyarakat tidak terlepas dari formulasi panjang dan eksperimen tanpa henti dari barista (pembuat kopi). Sebagai ujung tombak dari terciptanya kopi yang enak, maka barista harus memiliki keterampilan dan ilmu yang mumpuni dalam meracik kopi.

Tak sedikit kemudian muncul event kompetensi yang mengasah kemampuan dalam meramu kopi, salah satunya ialah Indonesia Coffee Events (ICE) 2018.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Kompetisi nasional yang digelar untuk ke-tujuh kalinya ini memiliki tujuan awal untuk mencari barista terbaik di Indonesia, kemudian mengirimnya sebagai delegasi yang mewakili Indonesia pada ajang kompetensi dunia.

"Tak hanya menjadi panggung perlombaan, event ini pun bisa menambah pengalaman barista untuk bertemu dengan para barista antar daerah dan bertukar cerita dari pengalaman mereka masing-masing," ucap Ketua Panitia Indonesia Coffee Events 2018, Yudistira Bawono dalam konferensi pers di Artotel Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Tak berhenti sampai di sana, kompetisi tahun ini kata dia, terselip misi lain yaitu membuktikan bahwa kopi sanggup mempererat kebhinekaan.

"Di mana kopi lokal mendapat tempat berpromosi dan peserta perwakilan dari berbagai kota di Indonesia bertanding menghadirkan kopi terbaiknya," jelasnya.

Event yang digelar di Jakarta, Bali dan Surabaya ini akan mempertandingkan empat jenis kompetisi yang, yaitu Indonesia Barista Championship, Indonesia Brewers Championship, Indonesia Latter Art Championship dan Indonesia Cup Taster Championship.

Eliminasi Wilayah Timur akan dilakukan pada 19-21 Januari 2018 di Pakuwon Mall, Surabaya, Jakarta Timur. Sementara Eliminasi Wilayah Barat digelar 1-4 Februari 2018 di TBC, Bandung, Jawa Barat.

Kompetisi Nasionalnya sendiri akan diadakan dua kali, yakni pada 1-3 Maret 2018 di BNDCC, Bali khusus untuk Indonesia Barista Championship. Kemudian tiga kompetisi lainnya bakal digelar pada 18-20 Juli 2018 di JIEXPO, Jakarta.

Keseluruhan pemenang ICE 2018 nantinya akan diberangkatkan untuk bertanding ke ajang kejuaraan World Barista Championshio di Amsterdam, Belanda, World Brewers Cup Championship dan World Cup Tasters Championship di Dubai, Uni Emirat Arab, dan World Latte Art Championship di Brazil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya