Kiat Ibu Hamil Tetap Nyaman saat Berolahraga

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Tubuh sehat dan bugar sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Namun, banyak ibu hamil yang merasa kesulitan mencari sisi kenyamanan saat harus berolahraga.

Alami Keguguran, Kiky Saputri Menyesal Tak Bisa Jaga Diri saat Hamil
Selama masa kehamilan, sangat dianjurkan untuk tetap aktif bergerak maupun berolahraga. Sebab, aktif bergerak bisa memberi manfaat baik untuk ibu dan janin selama proses kehamilan berlangsung.
 
Denny Sumargo Ungkap Respons Istri Saat Gagal Jalani Program Hamil
"Nyeri pinggang bisa diatasi saat ibu di masa kehamilan. Tak hanya itu, olahraga bisa membuat tubuh memproduksi hormon endorfin sehingga stres bisa diredam, baik pada ibu dan janinnya," ujar Spesialis Obgyn, dr. Prima Progrestian SpOG, dalam acara Teman Bumil di Jakarta, Minggu, 25 Februari 2018.
 
5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu
Ia mengakui, banyak ibu yang kesulitan untuk tetap aktif bergerak karena adanya perubahan pada tubuh. Padahal, dengan kondisi yang baik dan tepat, ibu bisa tetap aktif bergerak meski sedang mengalami perubahan saat masa kehamilan berlangsung.
 
"Yang harus diperhatikan itu bra yang digunakan harus cukup membantu selama berolahraga, bajunya juga jangan ketat tapi yang menyerap keringat. Selain itu, makan berat disarankan 3-4 jam sebelum olahraga serta minum air 2-3 liter sebelum dan setelah olahraga agar tubuh tetap nyaman," katanya.
 
Prima juga mengatakan bahwa para ibu hamil tidak selalu harus berolahraga di pagi hari. Sebab, selama dilakukan secara rutin selama 30 menit sehari, olahraga santai bisa dilakukan kapan saja.
 
"Olahraga enggak harus lari-lari di pagi hari. Yang penting bergerak aktif, misal keliling meja makan aja selama 30 menit sehari. Tapi, harus rutin dilakukan selama 5 hari berturut-turut, jadi total berolahraga selama 150 menit per minggu," ucapnya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya