Kunci Sukses Ibu Mendidik Anak, Sesekali Perlu Me Time

Ilustrasi ibu me time
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA – Pekerjaan ibu rumah tangga yang seolah tiada habisnya, membuat ibu sangat rentan stres. Karenanya, ibu butuh kegiatan lain yang bisa menjaga tingkat kewarasannya.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Psikolog Nadya Pramesrani mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan mental ibu adalah berinteraksi dengan orang lain atau variasi kegiatan lain dengan pergi keluar rumah.

"Biasanya ibu yang sudah punya anak, apalagi lebih dari satu, tingkat kemalasannya keluar rumah semakin tinggi," ujar Nadya kepada VIVA.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Berbeda ketika ibu masih lajang atau belum memiliki anak, pergi keluar rumah tidak butuh persiapan panjang dan lama. Tapi, ketika ada anak-anak, persiapan keluar rumah menjadi perjuangan melelahkan dan merepotkan.

Dengan tingkat kemalasan ini tidak heran bila kadar stres ibu juga semakin tinggi. Karena itulah, Nadya menekankan, agar ibu sebisa mungkin tetap melakukan aktivitas sosial, jangan hanya main gadget di rumah.

Kenali 7 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Zaman Sekarang

"Ajak anak keluar rumah untuk jalan-jalan. Ibu sangat membutuhkan kegiatan untuk dirinya sendiri. Karena ibu yang fokus hidupnya terhadap orang lain sangat didorong untuk meluangkan me time." (mus)
   

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024