Ragam Manfaat Luar Biasa ASI Eksklusif Bagi Ibu

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA – Air susu ibu (ASI) adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada wanita. ASI sendiri memiliki manfaat yang besar bagi anak.  Hal ini tidak lain karena ASI mengandung kombinasi nutrisi yang sempurna untuk bayi, di mana hampir 100 jenis yang terkandung di dalamnya. Nutrisi tersebut berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Namun, ternyata ASI tidak hanya memberikan manfaat besar bagi bayi, tetapi juga memiliki manfaat bagi ibu yang memberikan ASI mulai dari anak usia 0 hingga 6 bulan, kemudian dilanjutkan hingga 2 tahun.

Dalam paparan seminar bertajuk ‘ASI dan Produktivitas’ di Jakarta, Kamis, 26 April 2018 oleh dr. Ray Baswori, MKK pun menjelaskan setidaknya ada beberapa manfaat yang diterima oleh ibu yang memberikan ASI secara eksklusif. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Metabolik dan Endokrin

Dr. Ray menyebut bahwa sistem metabolik dan endokrin ibu yang memberikan ASI eksklusif jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

"Ketika ibu berikan ASI eksklusif sampai enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun, dia akan terproteksi dari penyakit," ucap dia.

Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Ibu yang bisa memberikan ASI secara eksklusif bisa menekan risiko penyakit kardiovaskular hingga 80 persen.

Ilustrasi ibu menyusui.

Cegah Kanker

Memberikan ASI eksklusif juga diketahui mencegah risiko kanker. Dr. Ray menyebut, ibu yang memberikan ASI eksklusif punya risiko terkena kanker yang lebih rendah bahkan hingga 0 persen dibandingkan dengan yang tidak memberikan ASI eksklusif.

"Ada hormon umpan balik. Ketika menyusui hormon yang diproduksi akan menekan hormon kortisol. Kita tahu jika kortisol tinggi bisa menyebabkan karsiogenik," jelas dia.

Kesehatan Jangka Panjang

Seorang ibu yang memberikan ASI diketahui bisa menekan stres hingga 80 persen.  Hal ini pun berdampak pada indeks kebahagiaan yang ibu cukup besar.

"Ibu beri ASI lebih bahagia," kata dia.  

Menjadi Kontrasepsi Alami

Menyusui juga bisa mencegah kehamilan. Hal ini tidak lain karena ASI dapat membuat periode menstruasi menjadi lebih lama.

"KB alami ini bisa dimanfaatkan di periode enam bulan saja," terangnya.

Menurunkan Berat Badan

Memberikan ASI eksklusif pun bisa membuat berat badam turun lebih cepat dalam periode delapan hingga sembilan bulan setelah melahirkan.

"Tapi begitu setop dan dicampur susu formula, berat badan naik. Kenapa berikan ASI bisa menurunkan berat badan? Karena menyusui menghabiskan energi yang besar," ujarnya. (fk)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya