Kandungan Vitamin Susu Bubuk Ternyata Sudah Banyak yang Hilang

Ilustrasi susu bubuk
Sumber :

VIVA – Beragam jenis susu bisa menjadi pilihan sumber gizi baik untuk semua kalangan, khususnya pada anak-anak yang masih di tahap tumbuh kembang. Namun, jenis susu segar ternyata memiliki manfaat yang lebih baik dibanding jenis lainnya.

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Berbagai macam jenis susu memiliki kalsium yang sama. Pada susu sapi segar, berbeda dengan jenis susu lainnya, karena mengandung 10 macam vitamin dan mineral.

"Kandungan itu yang membuat anak-anak lebih pintar di sekolah. Susu bubuk tidak sesehat dan sebagus susu sapi segar," ujar Ilmuwan Nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, dalam peluncuran Yogurt Greenfields, di Pacific Place, Jakarta, Jumat, 14 September 2018.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Susu sapi segar, kata dia, tetap harus dipasteurisasi atau dimasak terlebih dahulu. Susu yang mentah bisa berbahaya karena banyak bakteri yang berkumpul di dalamnya.

"Proses ini beda dengan susu bubuk, di mana susu bubuk diolah melalui beberapa langkah yang membuat vitaminnya hilang. Dalam pengolahan susu bubuk juga, terkena udara panas yang membuat kolesterol teroksidasi sehingga berisiko pada penyakit jantung," jelasnya.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Bahkan, susu bubuk bisa mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping kurang baik untuk tubuh. Jika memang sulit menemukan susu sapi segar, ia menyarankan untuk memilih susu UHT.

"Pasteurisasi susu UHT mirip dengan susu segar, jadi baiknya pilih itu saat Anda jauh dari peternakan. Usahakan menghindari jenis susu bubuk dan krimer kaleng,” katanya.

Seorang Pelajar Ditangkap di Bandara Setelah Menyelundupkan Narkoba

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

 Seorang pria kewarganegaraan Inggris ditangkap setelah kedapatan menyelundupkan kokain yang disamarkan sebagai susu saat ia tengah keluar dari Kolombia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024