8 Cara Mudah Buat Anak Tumbuh Tinggi

ilustrasi anak/pertumbuhan anak/tinggi anak/kakak adik.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Gen memainkan peran besar dalam menentukan tinggi badan anak. Tetapi, banyak faktor eksternal, seperti pola makan dan aktivitas fisik, yang juga memengaruhi tinggi badan anak.

Viral! Pria Diamuk Massa Usai Cabuli Enam Anak Laki-laki di Cengkareng Jakbar

Beberapa metode sederhana dapat membantu anak untuk bertambah tinggi dan menjadi lebih kuat. Berikut 8 cara mudah untuk menambah tinggi badan anak, dilansir Times of India, Senin 15 Maret 2021.

Konsumsi makanan sehat

Pemanasan Global Ancam Pendidikan Anak-anak di Asia

Memastikan anak mengonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga kesehatannya secara keseluruhan. Makanan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan vitamin dalam proporsi yang benar, harus diberikan kepada anak untuk memastikan pertumbuhan opsionalnya, termasuk tinggi badan. 

Latihan peregangan

Polwan Polres Depok Temui Gibran Anak Viral Nangis Kelaparan di Bojonggede, Ini yang Dilakukan

Bahkan latihan peregangan sederhana dapat berdampak besar pada tinggi badan anak. Peregangan dapat membantu memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. 

Bergelantungan

Bergelantungan pada besi bisa membantu memanjangkan tulang belakang, yang penting untuk menjadi lebih tinggi. Orangtua bisa mengajarkan anak untuk melakukan pull-up dan chin-up. 

Lompat tali

Lompat tali sangat bagus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, terutama organ jantung. Seluruh tubuh akan meregang saat melompat, sehingga mendorong pertumbuhan vertikal anak. 

Postur atau posisi duduk

Postur yang buruk dapat mengubah bentuk tulang belakang dan mengganggu pertumbuhan. Untuk itu, minta anak untuk duduk tegak saat melihatnya membungkuk. 

Berenang 

Berenang adalah olahraga seluruh tubuh, yang melibatkan banyak peregangan ke depan yang akan memperkuat tulang belakang serta meletakkan dasar untuk tubuh yang tinggi dan sehat. 

Sinar matahari 

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang bagus, yaitu nutrisi yang berpengaruh penting dalam menambah tinggi badan anak. Vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium dan memperkuat tulang. 

Tidur 

Melewatkan tidur dapat memengaruhi pertumbuhan anak dalam jangka panjang. Pastikan anak tidur minimal 8 jam untuk tumbuh optimal. Hormon pertumbuhan HGH dilepaskan saat anak tidur, yang berdampak langsung untuk membuat anak lebih tinggi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya