Simpel, 5 Trik Jitu Pacu Semangat Anak Belajar Jelang Ujian

Ilustrasi orangtua mengajari anak belajar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nilai Ujian Sekolah (US) merupakan salah satu syarat penentu kelulusan anak, selain nilai rapor dan nilai sikap siswa. Sayangnya, banyak orangtua yang salah langkah dan justru membuat buah hatinya takut menghadapi ujian. Padahal, caranya sederhana lho, moms!

Game Ini 'Ajarkan' Pemilik Kafe Sejumlah Trik

Para siswa hendaknya dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi US, dan para orang tua memberikan sarana sumber belajar terbaik bagi putra putri tercintanya agar meraih nilai terbaik. Salah satu caranya adalah dengan memacu semangat anak. Nah, ini yang perlu dipahami dulu bagi para moms.

Menurut pemerhati anak, Shahnaz Haque dalam Webinar Motivasi US 2022 “Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?" bersama penerbit Erlangga, bahwa untuk membangun semangat anak, lingkungannya harus mendukung dengan baik.

Inovatif, Trik Ampuh Kenalkan Layanan Keuangan Kekinian

Di sekolah, sebisa mungkin tidak ada suasana mencekam jelang ujian sehingga anak lebih rileks. Sama halnya ketika anak di rumah. "Energi itu nular. Walau kita deg-deg-an, jangan liatin ke anak," tutur Syahnaz.

Presenter 49 tahun itu menyampaikan bahwa para orangtua harus mampu membangun suasana hati anak dengan baik. Ia mencontohkan, ketika anaknya hendak ujian esok, Syahnaz justru mengajaknya bersantai sembari meningkatkan bonding seperti nonton film atau makan bersama.

Tips dan Trik Motret di Malam Pergantian Tahun

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

"Tugas saya menciptakan hati anak saya bahagia. Dia udah belajar tiap hari. Tugasnya kalau mau ujian, bukan belajar, tapi rileks. Kalau nggak, stres. Supaya mereka sehat fisik dan pikiran. Kalau anak semangat, insyaallah ujungnya prestasi," terang Syahnaz.

Diakui Syahnaz, prestasi tiap anak diraih dengan cara yang berbeda serta waktu yang tak sama. Sebab, kemampuan tiap anak pun berbeda. Untuk itu, Syahnaz menganalogikan cara menyemangati anak dengan menarik daun pintu.

"Jangan tarik anak di posisi kita, dia mesti berpikir dengan cara kita berpikir dan memahami perasaan kita dan mesti ikuti step by step kitq. Pasti bertengkar. Idealnya, dorong diri kita di posisi dia. Berpikir cara anak berpikir, memahami cara pikirnya dan biarkan cara dia bertindak. Energinya lebih enteng. Karena setiap anak punya modalitas berbeda, hargain," terangnya.

Ia meminta agar tak ada orangtua yang membandingkan kemampuan anaknya dengan orang lain, meski dengan saudaranya sendiri. Untuk bisa membuat anak mendengarkan saran para orangtua, Syahnaz meminta orangtua membentuk semangat anak dengan cara bicara yang berkesan, singkat, namun memberi kenyamanan.

Sejalan dengan itu, Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W. mengungkapkan webinar ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada guru, siswa, dan orang tua dalam menghadapi Ujian Sekolah.

“Ini juga salah satu upaya kami sebagai perusahaan penerbitan buku pendidikan, untuk membantu mempermudah orang tua dalam mendampingi putra-putri tercintanya belajar menghadapi Ujian Sekolah,” tambahnya.

Lalu seperti apa tips agar bisa meraih nilai US terbaik? Berikut di antaranya menurut Editor Senior Penerbit Erlangga, Eny Wijayanti.

1. Pelajari dan pahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir. Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah. Caranya adalah dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru.

2. Selanjutnya, pelajari contoh-contoh soal model US yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

3. Setelah merasa sudah paham, kemudian menguji diri dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model Ujian Sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia.

4. Tahap terakhir, yaitu mengerjakan soal-soal paket simulasi US yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia.

Untuk itu, ayo latihan soal sebanyak mungkin dan terstruktur dengan soal-soal berkualitas nasional dari buku-buku US Erlangga.

Selain itu, setelah membeli buku-buku US Erlangga, kalian dapat menguji kemampuan kalian dengan cara mengikuti Try Out US akbar yang diselenggarakan pada bulan Februari dan Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya