Kebiasaan Unik Orangtua di Denmark, Tinggalkan Bayi di Luar Tanpa Pengawasan

Ilustrasi stroller bayi.
Sumber :
  • Pexels/Mengliu Di

DENMARK – Setiap negara tentu memiliki kebiasaan maupun peraturan yang berbeda-beda dalam menjaga bayinya. Itulah yang terjadi di negara Nordik, Denmark. Bukan pemandangan yang asing, jika saat kamu berkunjung ke Denmark akan melihat sejumlah bayi yang tidur di luar rumah tanpa pantauan maupun pengawasan orangtua

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Menariknya, di sana para orangtua sama sekali tidak memiliki rasa takut untuk meninggalkan bayinya seorang diri di dalam stroller begitu saja saat ditinggal pergi berbelanja maupun menikmati secangkir teh di cafe. Tak seperti negara-negara lainnya, yang merasa takut dan khawatir jika harus membiarkan  buah hatinya seorang diri di dalam stroller.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Melihat sebuah unggahan video viral yang dibagikan oleh akun TikTok @annieineventyrland pada 3 Oktober 2022, memperlihatkan bagaimana situasi puluhan stroller bayi berjejejer di luar ruangan tanpa pantauan maupun pengawasan orangtua. 

Mungkin di Indonesia hal ini sangat mengerikan, mengingat tingkat penculikan di sini sangatlah tinggi. Namun berbeda di Denmark, hal tersebut justru memberikan kebaikan untuk kesehatan si bayi itu sendiri. 

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Bayi Dibiarkan Seorang Diri Tuai Sorotan

Video yang memperlihatkan lebih dari satu stroller bayi atau kereta dorong bayi yang ditinggalkan begitu saja di ruang terbuka dengan suhu dingin di Nordik banyak dibincangkan warganet di media sosial akhir-akhir ini.

Di mana dalam video tersebut, para bayi dibiarkan begitu saja tidur di dalam kereta dorong seorang diri di udara yang sangat dingin. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini sangatlah aneh. Namun rupanya bagi warga Nordik, hal ini adalah kebiasaan yang sangat wajar dilakukan.

Melansir dari situs Insider, Senin, 20 Maret 2023 lalu, pada 14 Februari, sebuah akun media sosial TikTok bernama Olly Bowman mengunggah video dengan teks yang menerangkan, “Hari-hari di Norwegia, sekelompok bayi lainnya ditinggal sendirian dalam cuaca dingin.”

Dalam video unggahan tersebut, sang pemilik akun TikTok menunjukkan adanya penampakan jajaran kereta dorong bayi di belakangnya. Tanpa rasa khawatir, bayi-bayi tersebut dibiarkan ditinggal begitu saja tanpa ada orangtua yang menjaganya.

Terkait hal ini, Bowman sedikit menjelaskan alasan kebiasaan tersebut dilakukan di Nordik, Denmark. 

“Ini membantu pernapasan mereka dan membuat mereka lebih mandiri,” katanya kepada kamera.

Bayi Menyukai Udara Segar

Soal kebiasaan warga Denmark yang akhir-akhir ini jadi perbincangan, para orangtua justru berpendapat bahwa bayi itu paling suka dengan udara segar di musim panas maupun dingin. Sehingga,  mereka tidak ragu untuk menjemur dan membiarkan anaknya sendiri di sroller bayi. 

Ilustrasi bayi

Photo :
  • inmagine.com

Lebih lanjut, mereka juga mengungkapkan bahwa sering kali meninggalkan serta membiarkan menjemur bayinya  sembari ditinggal pergi berbelanja. Hal tersebut mengingat, tingkat keamanan di negara Denmark diketahui sangatlah tinggi. Jadi, mereka pun merasa aman dan tak sekali merasa khawatir dengan adanya penculikan anak di luar rumah.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang memperlihatkan pemandangan tak biasa bagi masyarakat Indonesia ini lantas menuai beragam reaksi dari sejumlah warganet di media sosial. 

"kan kereta bayi nya bnyk tu ya,, nah emng ga tkt ke tuker tu bayi?" tulis warganet.

"Diluar negeri jarang ada yang mau punya anak, jadi mau bayi digeletakin gitu aja dijalan gk bakal ada yg ngambil." tulis lainnya.

"Kalo di indo dah dijual kali," tulis pengguna media sosial lainnya.

"Jangankan ditinggal di luar, dititip ke bapaknya aja gak tenang," sindir seorang warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya