Ibu Hamil Rentan Alami Nyeri Punggung, Amankah Pakai Korset?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

JAKARTA – Saat berlangsungnya kehamilan, secara alami ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mental sebagai bentuk adaptasi tubuh. Bertambahnya berat badan, perubahan postur tubuh, perubahan hormon, dan stres dapat menyebabkan terjadinya salah satu gangguan kenyamanan bagi ibu hamil, yaitu nyeri punggung dan pinggang. Walau umum dialami oleh ibu hamil, tapi jika tidak ditangani dengan baik, maka nyeri punggung dan pinggang dapat sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa cara efektif untuk mencegah dan mengurangi nyeri punggung dan pinggang selama kehamilan adalah dengan menjaga postur tubuh saat duduk, tidur, dan berdiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengenakan pakaian pendukung, seperti korset kehamilan (maternity belt) yang dapat membantu menopang perut dan bagian belakang tubuh agar otot-otot tidak berada dalam kondisi tegang terus-menerus. 

Dokter Spesialis Kandungan dari RSIA Bina Medika Bintaro dr. Baruch Djaja, Sp.OG, mengatakan bahwa mengenakan korset kehamilan dapat membantu menopang rahim yang membesar sehingga tekanan pada otot dan persendian di pinggul dan panggul dapat berkurang.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • freepik by cookie_studio

“Otot-otot di punggung juga tidak bekerja terlalu keras sehingga rasa nyeri dan tegang juga berkurang. Korset kehamilan juga membantu menjaga postur ibu hamil yang cenderung tidak seimbang akibat pergeseran pusat gravitasi tubuh. Pemakaian korset sebaiknya dilanjutkan sampai beberapa bulan setelah melahirkan karena dapat membantu proses pemulihan tubuh ibu,” ungkapnya.

Tanpa Disadari Kebiasaan Ini Bikin Pria Disfungsi Ereksi Sampai Susah Orgasme

Karena itu, MOOIMOM menciptakan inovasi terbaru berupa 2 in 1 Premium Bamboo Corset, yaitu korset yang dapat dikenakan oleh ibu mulai saat kehamilan sampai ke pasca-melahirkan.

“MOOIMOM selalu berupaya untuk mengintegrasikan inovasi dan teknologi dalam setiap produk yang dihadirkan. MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset merupakan hasil pengembangan dari dua produk kami, yaitu MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band yang merupakan produk best seller untuk kategori korset pasca-melahirkan, serta MOOIMOM Bamboo Maternity Support Belt. Inovasi korset medis 2 in 1 ini membuat para ibu tak perlu lagi berganti korset sepanjang perjalanan kehamilan sampai pasca-melahirkan. Karena terbuat dari bamboo charcoal cotton yang berkualitas tinggi, maka korset ini sangat nyaman dikenakan saat beraktivitas pada cuaca apa pun,” jelas James Chou, CEO dan Co-Founder TNP Group. 

MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset terdiri dari pelvic belt dan belly belt yang dapat dikenakan terpisah maupun bersamaan. Pelvic belt dikenakan selama kehamilan untuk menyangga perut dengan efektif, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan pinggang dan mengurangi tekanan pada pinggul dan panggul.

Sedangkan pada pasca-melahirkan, pelvic belt dan belly belt ini dapat dikenakan bersamaan untuk membantu pemulihan. Keduanya akan memberi kompresi untuk membantu mengencangkan otot-otot perut yang kendur dan mengalami diastasis recti, mengecilkan rahim, memulihkan otot panggul, dan memulihkan bekas luka operasi sesar.

Terbuat dari bamboo charcoal cotton (paduan serat kapas dan karbon aktif bambu) berkualitas tinggi, membuat MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset sangat nyaman saat dikenakan karena terasa lembut dan sejuk di kulit. Ini dikarenakan bamboo charcoal cotton memiliki rongga udara yang yang lebih banyak sehingga breathable, dan memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan dengan baik. Serbuk karbon aktif bambu juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mengatasi bau tak sedap akibat keringat.

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • Stocksnap

Kelebihan lain dari MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset adalah kandungan sinar far infrared-nya yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh. Manfaat ini tak hanya membantu mengatasi rasa nyeri di punggung dan pinggang, tapi juga memberi manfaat kesehatan secara umum bagi ibu hamil dan menyusui.

Materi tekstil yang digunakan dalam pembuatan MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset telah melalui uji OEKO-TEX® terhadap 100 bahan berbahaya, sehingga aman dan nyaman saat bersentuhan dengan kulit manusia. Karena itu, MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset telah berhasil mendapatkan sertifikat OEKO-TEX® STANDARD 100 karena telah terjamin aman dan tidak mengganggu kesehatan manusia.

MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset juga telah mendapat izin edar alat kesehatan impor (AKL) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia untuk kategori produk peralatan kesehatan fisik. Izin edar alat kesehatan diberlakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2017 tentang Izin Edar Alat Kesehatan. Jika sudah mendapatkan izin edar dari Kemenkes RI, maka produk tersebut sudah melalui proses pengujian keamanan, kualitas, dan manfaatnya sesuai dengan standar yang ditetapkan sehingga dapat diedarkan di wilayah RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya