VIDEO: Ritual Kimsin Etnis Tionghoa Jelang Imlek

Masyarakat Tionghoa lakukan ritual bersih patung
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Jelang perayaan Imlek, Jumat, 16 Februari pekan depan, banyak aktivitas keagamaan yang mulai dilakukan etnis Tionghoa.

Festival Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek di Tangerang dan Bandara Soekarno Hatta

Beberapa pengurus vihara Dharma Jaya Toasebio yang terletak di Jalan Kemenangan III, Glodok Jakarta Barat misalnya. Mereka melakukan ritual membersihkan patung dewa dan dewi.

Salah satu pengurus klenteng, Hartanto Wijaya menjelaskan, ritual pembersihan ini dilakukan sebelum datangnya tahun baru Imlek. Pembersihan ini juga disebut sebagai ritual Kimsin.

Ma'ruf Amin: Tahun Baru Imlek Momentum Perbaiki Diri

Dalam kepercayaan Tionghoa, ritual setahun sekali ini dilakukan pada tanggal 24 bulan 12 penanggalan China. Di mana roh dewa dewi diyakini pergi ke langit untuk melaporkan amal perbuatan manusia di bumi selama setahun.

"Karena saat ini patungnya kosong kita bersihkan, tapi nanti pada tanggal empat bulan satu penanggalan China, tiga hari setelah Imlek datang lagi, tugas lagi. Kita orang enggak berani bersihin (kalau rohnya sudah kembali)," kata dia.

Sejarah Angpao hingga Ketentuan Jumlah Isinya untuk Diberikan

Ritual tersebut dilakukan dengan cara membasuh patung dengan air dan sabun kemudian dibilas lagi dengan air yang telah dicampur oleh beberapa jenis bunga dan kemudian dikeringkan menggunakan lap bersih. "Biar bersih nanti juga akan dikembalikan ke tempatnya semula."

Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Hotel Borobudur Jakarta

Perayaan Tahun Naga Kayu, Nuansa Meriah Imlek Hiasi Hotel Borobudur Jakarta

Di area Pendopo Hotel Borobudur Jakarta, momen Hari Raya Imlek menghadirkan atraksi barongsai yang diramaikan pengunjung, tamu menginap serta pihak perwakilan manajemen.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2024