Warga Meriahkan Pesta Kembang Api Sambut Tahun Baru Imlek di Depan Kantor Gibran

Ribuan orang menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek di Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Ribuan orang menghadiri acara perayaaan malam Tahun Baru Imlek 2575/2024 di Solo, Jawa Tengah. Malam pergantian tahun baru China itu diperingati meriah dengan pesta kembang api.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Warga tampak memadati kawasan Jenderal Sudirman, Balai Kota Solo hingga Pasar Gede. Di sepanjang kawasan tersebut, dipasangi sekitar 5.000 lampion warna-warni lengkap dengan lampion 12 shio berukuran besar di Jalan Jenderal Sudirman.

Ribuan masyarakat dari Solo dan luar kota itu memadati kawasan tersebut sekitar pukul 18.00 WIB. Mereka terlihat mengisi malam Tahun Baru lmlek dengan berfoto-foto di bawah lampion. Tak hanya itu, warga juga memadati area depan Klenteng Tien Kok Sie.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Pesta kembang api untuk menyambut malam pergantian tahun dipusatkan di halaman Balai Kota Solo. Warga langsung bertepuk tangan ketika Wakil Wali Kota Teguh Prakosa menghitung mundur pada malam pergantian tahun yang ditandai dengan menyalakan kembang api.

Ribuan orang menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek di Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Pesta kembang api yang berlangsung sekitar dua puluh lima menit berlangsung dengan meriah. Warga yang memadati halaman Balai Kota hingga Pasar Gede mengabadikan momen tersebut dengan smartphone.

Ketua Panitia Imlek Bersama 2024, Sumartono Hadinoto mengatakan pesta kembang apik dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Imlek. Perayaan malam pergantian tahun itu dihadiri ribuan warga dari berbagai kota.

“Pesta kembang api berlangsung sekitar dua puluh lima menit. Pesta kembang api digelar untuk menghibur warga pada Imlek kali ini,” kata Sumartono dikutip pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2575 Khongzili kepada umat Khonghucu di Tanah Air dan seluruh warga masyarakat yang merayakannya.

Gus Yaqut mendoakan agar kehidupan bangsa Indonesia ke depan semakin maju. 

“Selamat Tahun Baru Imlek, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi. Semoga semua sukses dalam menyongsong kemajuan Indonesia. Tahun baru selalu menjadi waktu yang tepat untuk evaluasi untuk menyongsong kehidupan mendatang yang lebih baik lagi,” harap Menag di Jakarta, Jumat, 9 Februari 2024.

Imlek tahun ini berdekatan dengan pesta demokrasi, pemilu pada 14 Februari 2024. Menag berharap pemilu bisa berjalan aman, lancar, jujur, adil, dan bermartabat, hingga terpilih calon pemimpin terbaik baik Indonesia. 

“Gunakan hak pilih kita secara bertanggung jawab dan saling menghormati perbedaan pilihan. Terus jaga kerukunan umat sebab itu modal utama dalam pembangunan,” pesannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya