Wisatawan Jakarta dan Medan Dominasi Kunjungan ke Singapura

Pemandangan Marina Bay Sands di Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lam

VIVA – Singapura menjadi salah satu destinasi favorit dunia, termasuk masyarakat Indonesia, untuk berlibur. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Singapura mencapai 2,95 juta pada 2017. 

Seru-seruan dengan Dinosaurus di Singapura

Angka ini naik dua persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Area Director Indonesia Singapore Tourism Board, Raymond Lim, menyebut pada Desember lalu saja sebanyak 330.081 wisatawan asal Indonesia telah datang ke Singapura. 

"Bulan Desember 2017 tercatat kedatangan wisatawan, pengunjung dari Indonesia yang tertinggi dalam sebulan, mencapai 330.081 wisatawan," kata Lim dalam STB Media Gathering di Ritz Carlton Hotel Kuningan Jakarta, Rabu 13 Februari 2018. 

Serunya Menyusuri Hutan Penuh Cahaya di Singapore Zoo

Dia melanjutkan, wisatawan Indonesia yang datang ke Singapura didominasi oleh masyarakat asal Jakarta, Surabaya, dan Medan. 

"Tapi dari itu semua, Jakarta pertumbuhannya signifikan, salah satu faktor penunjangnya adalah karena adanya penerbangan langsung ke Singapura. Kalau dari Batam itu yang berkunjung ke Singapura hanya trip sehari saja," ujar dia. 

8 Negara Paling Ramah Wisatawan di Asia Tenggara

Dia melanjutkan, untuk wisatawan asal Indonesia yang mendominasi perjalanan ke Singapura adalah keluarga muda yang masih memiliki anak-anak kecil. 

"Singapura itu ramah buat mereka (karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang) dan sangat aman untuk mereka," tutur dia. 

Dia juga menyebut bahwa wisatawan asal Indonesia sering menyasar Singapura pada waktu-waktu tertentu, seperti libur Lebaran dan libur sekolah. 

"Untuk libur jangka panjang, mereka rata-rata di Singapura tiga hari. Kalau untuk mereka yang berekreasi memilih akhir pekan sebagai waktu untuk berlibur ke Singapura," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya