10 Tempat Wisata Komplit di Semarang untuk Libur Lebaran

Wisata Klenteng Sam Poo Kong
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Sambil menghilangkan penat saat mudik, biasanya pemudik tidak melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata yang dilaluinya sepanjang perjalanan.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Bagi pemudik yang melewati jalur darat dan melalui Kota Semarang, ada beberapa destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Apa saja? Dilansir dari laman website Kementerian Pariwisata di Semarang, Kemenpar.go.id. Berikut 10 destinasi wisata di Semarang.

1. Museum Ronggowarsita 

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Museum Ronggowarsita menjadi situs bagi karya besar filsafat dan kebudayaan. Lokasinya yang berada di Jalan Abdurrahman Saleh adalah museum terlengkap di Semarang. Ada koleksi arkeologi, sejarah, alam, budaya, hingga era pembangunan dan pengembangan wawasan nusantara.

Pameran keris nusantara di Museum Ronggowarsito

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Nama museum ini diadopsi dari pujangga besar Ronggowarsita. Beberapa karyanya yang monumental adalah Serat Kalatidha yang berisi gambaran ‘zaman edan’.

Saat ini Museum Ronggowarsito memiliki 59.802 jenis koleksi dan terbagi dalam 10 kategori. Ada filologi, arkeologi, geologi, biologi, historika, dan numismatic. Dilengkapi juga paham heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika, dan seni rupa. 

2. Masjid Agung Jawa Tengah 

Filosofi besar juga ditawarkan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). MAJT seolah menjadi pilar 25 nabi. Sarat filosofi dan ditopang fisik bangunan megah, MAJT ada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari. Menempati areal seluas 10 hektar, masjid ini mampu menampung 13.000 jamaah. Dengan posisinya ini, masjid ini menjadi simbol kebesaran Jawa Tengah sekaligus destinasi wisata religi terbaik. 

Masjid Agung Jawa Tengah.

Pada area masjid ini terdapat Tower Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter. Melalui tower ini, para pengunjung bisa menikmati eksotisnya landscape Kota Semarang dari setiap sisi. Menariknya, di lantai 2 dan 3 tower ini terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Museum ini secara detail merekam jejak perjalanan dan perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. 

3. Gedung Lawang Sewu 

Gedung Lawang Sewu merupakan etalase Kota Semarang. Bangunan ini demikian fenomenal dengan warna sejarah kuat. Menjadi ikon Kota Semarang, Lawang Sewu menjadi bukti kegigihan pemuda Kota Semarang dalam mengusir penjajahan melalui pertempuran 5 hari. Saat ini Lawang Sewu menjadi cagar budaya dengan usia lebih dari seratus tahun. 

Lawang Sewu di Jawa Tengah

Nama Lawang Sewu ini sendiri tidak lain karena jumlah daun pintunya konon berjumlah lebih dari seribu. Destinasi ini sangat instagramable dan jadi spot terbaik para fotografer. Suasana jadi semakin klasik manakala memasuki sore hingga petang. 

4. Kota Lama Semarang 

Berada di Semarang belum lengkap tidak mampir ke kawasan Kota Lama. Kawasan ini menjadi citra visual arsitektur Eropa klasik. Sebab, distrik ini dipenuhi bangunan kuno berarsitektur Eropa dengan usia yang sangat tua. Kawasan ini menjadi destinasi favorit di Semarang dan menjadi rujukan para wisatawan. 

Kota Lama Semarang.

Dipenuhi bangunan kuno Eropa, kawasan ini sangat instagramable. Ada banyak spot yang ditawarkan untuk berfoto dengan angle terbaik. Salah satu favoritnya adalah Rumah Akar, Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Marba, atau Semarang Kreatif Galeri. Suasana semakin seksi dengan banyaknya cafe yang berjejer dengan style dan detail ornamen klasik. 

5. Pagoda Avalokitesvara 

Menguatkan filosofi dan keberagaman kultural, Pagoda Avalokitesvara pun disajikan TripAdvisor. Kaya akan warna, Kota Semarang memang menjunjung tinggi semangat keberagaman. Kekuatan ini muncul melalui Pagoda Avalokitesvara atau lebih familiar Pagoda Watugong. Karena unik, Pagoda Watugong ini ditetapkan oleh MURI sebagai yang tertinggi di Indonesia. 

Pagoda Avalokitesvara, Semarang.

Pagoda Avalokitesvara memiliki ketinggian 45 meter dan terbagi dalam 7 tingkatan. Menurut sejarah, ini merupakan Vihara pertama yang didirikan di Indonesia pasca keruntuhan Kerajaan Majapahit. Menjadi bagian destinasi wisata religi, Pagoda Avalokitesvara berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik. Saat berada di sini, pastikan slot kamera kosong krena spotnya sangat instagramable. 

6. Klenteng Sam Po Kong (Gedong Batu) 

Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Po Kong juga lekat dengan perkembangan Islam di wilayah Semarang. Sebab, lokasi ini menjadi tempat peristirahatan sementara penjelajah musim besar Tiongkok Laksamana Cheng Ho. Dan, di dalam tanah Klenteng Sam Po Kong terdapat gua yang dikenal sebagai Gedong Batu. Kawasan ini pun menjadi destinasi religi bagi berbagai latar belakang. Area ini pun menjadi penegas toleransi. 

Hanya berjarak 2,5 kilometer dari Gedung Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong ini berdiri artistik. Didominasi warna merah cerah, banyak ornamen dan detail dari bangunan masih otentik. Selain lokal, Klenteng ini menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Silahkan langkahkan kaki menuju ke Klenteng Sam Po Kong yang berada di Jalan Simongan Nomor 129 Semarang. 

7. Kampung Pelangi Semarang 

Melengkapi kuatnya nilai historis, Kota Semarang pun menghadirkan Kampung Pelangi. Berada di Jl. Dr. Soetomo dan dekat Gedung Lawang Sewu, kampung ini sangat instagramable. Mewakili energi dari generasi zaman now, Kampung Pelangi Semarang adalah spot terbaik Destinasi Digital. Setiap sudut akan dijumpai dengan mudah angle foto terbaik. 

Kampung Pelangi Semarang

Nuansa warna-warninya pun terlihat natural. Sebab, semua menyatu dengan rimbunnya pepohonan dan tembok-tembok merah tak berplester. Total ada 325 rumah yang memiliki warna bangunan warna warni. Nuansa unik kampung ini pun menjadi spirit lain saat berkunjung dan menikmati liburan di Kota Semarang.

8. Brown Canyon 

Memanfaatkan potensi lingkungan karena campur tangan manusia, Brown Canyon pun dihadirkan oleh TripAdvisor sebagai rujukan destinasi wisata. Awal terbentunya Brown Canyon ini unik. Sebab, spot ini sejatinya bekas tambang galian tipe C. Namun, karena galian meninggalkan bentuk-bentuk yang unik maka menarik minat publik. Mereka datang untuk berfoto baik rombongan maupun swafoto. 

Brown Canyon Semarang

Berada di Rowosari, Tembalang, Brown Canyon akan terlihat semakin seksi pada pagi atau sore hari. Untuk mencapai destinasi ini pun mudah. Pengunjung bisa melalui sisi timur Klipang lalu menyeberang jembatan ganda. Lokasinya juga hanya berjarak 2 kilometer dari Stasiun TVRI yang berada di Demak. Jadi, pastikan momentum Brown Canyon ini aman masuk list media sosial Anda. 

9. Taman Puri Maerokoco 

Taman Puri Maerokoco kini kembali menggeliat. Usai restorasi 2015, Taman Puri Maerokoco pun tampil dengan energi baru. Ada fasilitas jogging track mangrove, pembenahan area jembatan, bahkan anjungan pun diperbarui tampilannya. Di sini juga kerap digelar event M2M Malem Minggon Maerakaca yang identik dengan Festival Lampion. 

Wisata Mangrove Puri Maerokoco, Semarang.

Daya tarik lainnya adalah tersedianya perahu beragam warna bagi pengunjung. Memiliki brand tinggi, jumlah kunjungan wisatawan ke taman ini juga relatif tinggi. Ada 400 ribu pengunjung di tahun 2017 yang datang ke sini untuk menikmati beragam suasananya yang eksotis. Bagi para pemudik silahkan mampir di Jalan Anjasmoro, Tawangsari, Semarang. 

10. Pantai Marina 

Berbasis bahari, Kota Semarang juga memiliki destinasi bernama Pantai Marina. Kawasan ini adalah taman rekreasi yang murah meriah bagi publik. Siapapun bisa menghirup segaranya udara pantai di sini plus deburan ombak. Kawasan ini juga menjadi destinasi unggulan warga Semarang karena view alamnya eksotis. 

Pantai Marina, Semarang.

Lokasi Pantai Marina ini ada di sisi ttimur PRPP atau perumahan Royal Family. Bila berada di kawasan Semarang dan ingin menikmati nuansa laut, singgah saja di Pantai Marina ini. Sebab, lokasinya mudah dijangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya