Liburan ke Little Ranch Sidomukti Semarang, Bisa Bercengkerama dengan Domba Eropa

Suasana di Little Ranch Umbul Sidomukti Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Travel – Bagi Anda yang masih menikmati libur Lebaran, sangat pas tentunya diisi dengan jalan-jalan bersama keluarga. Nah, jika Anda sedang di Semarang, ada satu tempat rekreasi yang menyenangkan sekaligus edukatif namanya Little Ranch.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Tempat ini merupakan salah satu wahana wisata di kawasan Umbul Sudomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama anak-anak. Karena, di sini wisatawan bisa berinteraksi dengan binatang ternak seperti kelinci, ayam, kuda, kambing dan domba.

Little Ranch Umbul Sidomukti Semarang.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Nah, khusus kambing dan domba merupakan ternak yang didatangkan dari Eropa yaitu domba jenis Texel dari Belgia dan Moreno dari Spanyol. Sedangkan kambing merupakan jenis Saneen dari Swiss yang disilangkan dengan kambing lokal dan diberi nama Sapera.

Serunya, wisatawan bisa melihat domba-domba dan kambing tersebut yang dilepas bebas di padang rumput. Mereka bahkan bisa bercengkerama dan memberi makan domba-domba Eropa tersebut.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

"Ini memang kita buat little ranch atau peternakan kecil dengan area gembala yang luas. Dari gardu pandang wisatawan bisa melihat ratusan domba dan kambing yang bebas lepas seperti peternakan di Eropa," jelas Bambang Ari Wijanarko, pengelola Obyek Wisata Umbul Sidomukti, Jumat 28 April 2023.

Kondisi alam di Sidomukti dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter, lanjutnya, memang sangat cocok untuk domba dan kambing Eropa tersebut. Sehingga bisa berkembang biak dan saat ini sudah mencapai lebih dari 100 ekor.

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, pengunjung mesti beli tiket kawasan Umbul Sidomukti lebih dulu, seharga Rp10.000 per orang. Selanjutnya, ada tiket khusus di Little Ranch. 

Pengunjung akan mendapatkan seikat potongan wortel untuk memberi makan domba, kambing, maupun kelinci. Di area ini terdapat bangunan-bangunan yang membuat suasana seperti di areal peternakan negeri Eropa sana. Juga ada gardu pandang serta spot-spot khusus untuk berfoto.

Domba Eropa yang digembalakan di padang rumput Little Ranch.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Untuk menikmati kuliner, ada dua pondok resto di lereng gunung yang berhawa sejuk. Yaitu Pondok Panorama dan Pondok Kopi. Di sini tersedia aneka makanan dan minuman, khususnya kopi Arabika dari hasil panen kebun di sekitarnya.

Dari Kota Semarang, Little Ranch bisa diakses dengan kendaraan pribadi sejauh 30 kilometer, waktu tempuhnya 45 menit.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya