Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Lawang Sewu, ikon heritage Semarang.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

SEMARANG – Kota Semarang terkenal dengan wisata heritage berupa bangunan dan kompleks kota tua di masa lalu. Antara lain kawasan Kota Lama dan Lawang Sewu. Keduanya saat ini menjadi favorit wisatawan yang ingin sekadar jalan-jalan, melihat keindahan arsitektur tempo dulu, berswafoto berlatar bangunan tua, atau wisata kuliner khas Semarang.

Viral Oknum TNI Diduga Diam-diam Foto Penumpang di Kereta, Ini Kata KAI

Nah, bagi Anda dari luar kota khususnya di Jawa Tengah, ada cara menarik dan murah untuk mencapai Kota Lama dan Lawang Sewu, yaitu naik kereta api. Ongkosnya mulai dari Rp10-40 ribu, disesuaikan dari mana Anda berangkat. Cek yuk!

1. Dari Purwodadi
Kereta paling murah yang tersedia adalah KA Kedungsepur. Ongkosnya sangat murah, hanya Rp10 ribu untuk perjalanan selama 1,5 jam. Berangkatnya dari Stasiun Ngrombo, Purwodadi, Kabupaten Grobogan. 

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Kereta ini berangkat dua kali dalam sehari dari Stasiun Ngrombo menuju Stasiun Semarang Tawang, yaitu pukul 09.55 WIB dan pukul 16.45 WIB. Tapi disarankan kalau mau berwisata ke Kota Semarang, naik yang pukul 09.55 WIB dan tiba di Semarang Tawang 11.45, sehingga waktu luang berwisata lebih banyak. Dari stasiun ke Kota Lama tinggal jalan kaki.

98.432 Pemudik Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen

Kalau mau pulang ke Purwodadi dengan KA Kedungsepur lagi, jadwalnya pada pukul 14.27 dari Stasiun Semarang Tawang. Tarifnya Rp10 ribu. Tapi waktu wisatanya cuma dua jam saja di Kota Lama.

Namun, ada alternatif lainnya, yaitu naik KA Banyubiru rute Semarang Tawang - Stasiun Gundih Purwodadi. Jadwalnya dari Stasiun Semarang Tawang pukul 20.45 WIB dan tiba di Stasiun Gundih Purwodadi pukul 22.17 WIB. Tarifnya Rp40 ribu.

2. Dari Solo
Kereta paling murah yang tersedia adalah KA Banyubiru, ongkosnya Rp40 ribu. Berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 10.40 WIB, tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 12.42 WIB.

Kota Lama, Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Lalu berwisata ke Kota Lama, Lawang Sewu dan wisata kuliner khas Semarang. Dari satu spot ke spot lainnya bisa naik bus BRT cuma Rp4 ribu. Kemudian, pulang ke Solo naik lagi KA Banyubiru Rp40 ribu pukul 20.45 WIB dan sampai di Stasiun Solo Balapan pukul 22.56 WIB.

Selain Kota Lama dan Lawang Sewu, kalian bisa juga memilih lokasi wisata lainnya yang dekat stasiun, seperti Sam Poo Kong, kawasan Pecinan, pusat kuliner Aloon-Aloon Semarang, atau kampung batik di dekat Jurnatan.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya