Tiba di Bali, Intip 5 Destinasi Wisata yang Dilalui Obor Asian Games

Artis Hamish Daud bawa obor Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Asian Games 2018 akan berlangsung bulan depan. Sejumlah kegiatan pun telah disiapkan untuk menyambut perhelatan akbar tersebut, salah satunya adalah kirab obor Asian Games di 64 kota di Indonesia.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dari unggahan insta story akun instagram resmi @asiangames2018 kirab obor atau torch relay Asian Games sudah sampai di Bali pada Senin 23 Juli 2018 melalui Pelabuhan Gilimanuk Denpasar. Dari Gilimanuk, obor tersebut dibawa ke Pantai Kuta, kemudian ke Tanah Lot sebelum akhirnya diinapkan di Istana Tampak Siring.

Dalam prosesi kirab obor itu pula nampak selebriti Hamish Daud ikut ambil bagian dalam prosesi itu. Dari jadwal kirab obor yang diterima VIVA, hari ini kirab obor itu akan melewati Tampak Siring, Subak Sembung, hingga Garuda Wisnu Kencana.

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Kirab obor di Bali pada pagi ini telah sampai di Subak Sembung, dan akan melanjutkan perjalanan ke Renon Bali, dan Garuda Wisnu Kencana, hingga meninggalkan Bali pada Besok 25 Juli 2018 menuju Mataram Nusa Tenggara Barat. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Lalu seperti apa keindahan keempat lokasi yang disinggahi oleh kirab obor Asian G

ames 2018? Berikut ini rangkumannya. 

1. Pantai Kuta

Wisatawan berenang di kawasan Pantai Kuta, Bali

Terletak di jantung kota, pantai Kuta sering dianggap sebagai salah satu pantai utama di Bali. Ada banyak pantai lain dengan pemandangan yang lebih indah dari pantai Kuta. Meski begitu, wisatawan asing terus datang kembali untuk menikmati suasana serta berbagai aktivitas air, seperti berselancar dan menunggang kuda.

2. Tanah Lot

Tanah Lot.

Tanah Lot salah satu atraksi yang paling banyak dikunjungi di Bali. Pura di atas laut yang indah ini memiliki kombinasi unik antara pemandangan laut yang menakjubkan, arsitektur yang anggun, daya tarik budaya dan mistis yang kuat, dan pesona alam yang alami.

Satu hal yang bisa lebih menonjolkan keindahan kuil adalah pantulan emas dari matahari terbenam di tengah laut, membentuk siluet yang megah.

3. Istana Tampak Siring

Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Tampak Siring merupakan sebuah kawasan yang memiliki dua situs kuno dan magis, di antaranya Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Soekarno.

Pura Tirta Empul merupakan sebuah Pura yang memiliki kolam air suci. Banyak wisatawan datang untuk melihat masyarakat Bali yang melakukan pemandian di bawah air mancur. Dalam ajaran Hindu, air suci yang mengalir tersebut bisa membersihkan diri dari hal-hal buruk, sehingga hati kembali suci.

Pura Tirta Empul ini memang mengundang perhatian pesohor dunia seperti mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pesona magis dan keindahan relief bangunannya membuat hati terpukau.

Di kawasan Tampak Siring ini juga ada bangunan Istana Presiden. Istana tersebut merupakan salah satu jejak Soekarno semasa hidupnya. Namun kini sudah menjadi destinasi banyak wisatawan karena keindahan alam asri yang ditawarkannya.

4. Subak Sembung

Subak Sembung menjadi salah satu lokasi ekowisata yang populer di kalangan wisatawan dunia. Subak sendiri merupakan sistem pertanian di Bali, untuk mengatur tata kelola air. Secara filosofi, Subak merupakan manifestasi dari konsep ‘Tri Hita Karana’ yang merupakan filosofi kehidupan tradisional masyarakat Bali.

Tri berarti tiga, Hita berarti kebahagiaan atau kesejahteraan, sementara Karana berarti penyebab. Dapat disimpulkan bahwa Tri Hita Karana adalah “tiga penyebab terciptanya kebahagiaan dan kesejahteraan”. Sistem pertanian ini pun telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Wisatawan asing di patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Jimbaran, Bali

Berlokasi di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Badung, GWK menjadi salah satu ikon wisata populer di Bali. Patung Garuda Wisnu Kencana karya dari Nyoman Nuarta ini diketahui menjadi patung kedua tertinggi setelah Spring Temple Buddha setinggi 153 meter di Henan, China, yang dibangun sejak 1997. Tidak hanya itu beberapa kesenian tari pun bisa dinikmati di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya