Jurus Silat Khas 'Bumi Jawara' Ingin Mendunia

Festival Jurus Silat Kaserangan di Serang, Banten
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Jurus Silat Kaserangan, sebagai salah satu budaya di Banten, diharapkan bisa mendunia. Untuk mewujudkan hal itu, digelar kompetisi para jawara silat yang berlangsung di Pantai Plorida, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Viral Sopir Truk Gantung Diri di Tol Cikande, Diduga Akibat Kalah Judi Online

"Jurus ini diciptakan para pendekar silat. Jurus Silat Kaserangan sendiri diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat yang ada di Kabupaten Serang. Dibantu juga oleh Bupati Serang, Ratu Tatu," kata Panitia Festival Jurus Silat Kaserangan, Media Subandi, Sabtu 15 September 2018.

Kompetisi silat jurus Kaserangan digelar bersamaan dengan Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2018 dan diikuti oleh 40 peguron silat di Banten.

Terpopuler: Ratusan Oknum Perguruan Silat Ditangkap, Pilot Smart Aviation Ditemukan Selamat

Menunjukkan kemahiran jurus Kaserangan di tepi pantai sembari memandangi matahari yang akan terbenam, menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan.

Jurus Silat Kaserangan bisa mendunia dengan menjuarai pertandingan multinasional, seperti Asian Games dan lainnya. Atlet Banten bisa memeragakan salah satu jurus khas 'Bumi Jawara' di pentas internasional.

Meresahkan, Ratusan Oknum Perguruan Silat Diamankan Polisi saat Konvoi di Jombang

"Kami berharap, banyak pesilat dari Banten, khususnya Kabupaten Serang, yang bisa berprestasi pada setiap kompetisi nasional dan internasional," kata Ratu Tatu Chasanah.

Jurus Kaserangan merupakan jurus yang menggabungkan 12 aliran silat di Kabupaten Serang, Banten. Gerakannya, berisikan gabungan dari seni silat, tari, dan debus yang diiringi musik kendang. 

Evakuasi Mayat Bayi di Aliran Sungai. (Dok: Polres Serang)

Serang Geger! Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dengan Kondisi Mengenaskan, Kepala Sudah Tak Utuh

Mayat bayi saat ditemukan dalam kondisi tersangkut di aliran sungai yang tertutup sampah rumah tangga dan kayu. Ada bekas gigitan hewan di bagian leher dan tangan bayi.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024