Asyiknya Keliling Kuala Lumpur dengan Transportasi Gratis

Pelayanan bus gratis di Malaysia
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Bukan hanya penginapan, saat liburan, transportasi menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Untuk menghemat biaya perjalanan selama berlibur, tentu memilih transportasi umum seperti kereta atau bus akan lebih menghemat anggaran.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Ada kabar baik juga buat Anda yang suka bepergian ke negeri orang dengan transportasi umum. Sebab, beberapa negara menyediakan transportasi gratis untuk menuju sejumlah tempat wisata untuk memudahkan para traveler. Salah satunya adalah Malaysia.

Ya, negara tetangga yang sering jadi tempat tujuan liburan orang Indonesia ini, punya jadwal penyediaan transportasi gratis khusus di akhir pekan.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Malaysia menyediakan bus gratis berwarna pink bernama Go KL. Beberapa waktu lalu VIVA berkunjung ke Malaysia dan mencoba mengakses bus gratis itu untuk berkeliling mengunjungi beberapa destinasi wisata di kawasan Kuala Lumpur.

Ilustrasi bus

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Untuk mengakses Go KL ini tidak bisa sembarangan. Lantaran tiap bus memiliki jalur yang berbeda-beda. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti kawasan Jalan Alor, KLCC, Central Market, Petaling Street, hingga Hutan Rimba KL.

Untuk mengunjungi Kawasan Alor, bisa berangkat dari jalan Tun Razak menggunakan Go KL blue line (Tun Razak-Green Season) yang melewati pusat bisnis dan perkantoran utama di KL.

Dari terminal Tun Razak yang merupakan start awal, Anda bisa turun di Bukit Bintang atau sekitar 9 shelter dari Tun Razak. Dari Bukit Bintang bisa berjalan kaki sekitar lima menit ke arah Raja Chuluan.

Di Jalan Alor ini Anda dapat menemukan beragam jenis makanan yang umumnya didominasi chinesee food dan beberapa buah-buah segar.

Kemudian, jika ingin mengunjungi KLCC dari kawasan Bukit Bintang, Anda bisa naik dari shelter Bukit Bintang menaiki Go KL Green Line (KLCC-Wisma Athlan) lalu bisa berjalan kaki sekitar kurang lebih 200 meter dari arah Bukit Bintang menuju Pavilion. Dari pavilion, menuju KLCC sekitar 8 shelter. Di sini Anda bisa melihat menara kembar petronas hingga pusat perbelanjaan kenamaan.

Central Market menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Kuala Lumpur. Dari KLCC bisa kembali menaiki bus Green Line dan turun di Pavilion. Dari pavilion bisa berganti bus purple line (Pasar Seni-Kota Raya) dan turun di pasar seni. Dari shelter ini cukup berjalan kaki sekitar 300 meter. Dari pasar seni juga bisa berjalan kaki sekitar 200 meter untuk sampai ke Petaling Street.

Terakhir jika ingin pergi ke Hutan Rimba KL, Anda bisa naik Purple line di Pasar Seni dan turun di Muzium Telkom. Dari shelter ini bisa berjalan sekitar 500 meter di sini. Di shelter ini juga, Anda bisa mengunjungi museum yang memiliki gaya bangunan kuno. Dari pasar seni ke Muzium Telkom hanya melewati 3 shelter saja.

Tips lain yang perlu diketahui ketika menggunakan Go KL adalah jangan sungkan untuk bertanya kepada pengemudi bus soal tujuan yang akan Anda tuju. Ini penting karena bus tidak dilengkapi pengumuman nama shelter seperti yang ada di Indonesia. Untuk jam operasional bus ini mulai pukul 06.00-23.00 pada hari kerja, dan pukul 07.00-00.00 saat akhir pekan. Untuk memberhentikan, Anda bisa menekan tombol yang ada di tiang di dalam bus. Untuk rute bisa diunduh diaplikasi Go KL.

Berikut ini rute lengkapnya.

Rute Green Line:

KLCC, Angkasaraya, MATIC, Concorde Hotel, Wisma Hap Seng, The Weld, Wisma Lim Foo Yong, Pavillion, Ain Arabia, Monorail Raja Chulan, Wisma Rohas Perkasa, Citibank, Wisma Athlan.

Rute Purple Line

HAB Pasar Seni, Bangkok Bank, Muzium Telekom, Menara Olympic, KL Tower, The Weld, Wisma Lim Foo Yong, Pavillion, Ain Arabia, Wisma Boustead, Wisma HLA, Simpang Bkt Ceylon, Muzium Telekom, Kota Raya.

Rute Blue Line

Terminal Jalan Tun Razak, HKL (Jalan Pahang), IPP (Institute for Medical Research), Masjid Kg Baru, Sekolah Khas Kg Baru, Concorde Hotel, Life Center, Pavillion, Starhill Gallery1, Bukit Bintang (Nearby Monorail), Wisma Boustead, Menara Hap Seng, Bukit Nanas (Nearby Monorail), Dang Wangi LRT Station, Menara AIA, Munshi Abdullah, Medan MARA, Puteri Park, Chow Kit, Grand Season.

Rute Red Line

Terminal Jalan Tun Razak, Hospital Damai, Monorail Chow Kit, Pasar Chow Kit, Sri Amar, Pertama Complex, Globe Silk Store, Coliseum, Dataran Merdeka, Daya Bumi, KTM Kuala Lumpur, KL Sentral,  Sentral, National Moseum (Muzium Negara), Masjid Negara, Dataran Merdeka, Menara DBKL, Medan MARA, Puteri Park, Chow Kit, Grand Season.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya