Logo timesindonesia

Yuk, Berburu Souvenir di Kampung Keramik Dinoyo

Tugu Wisata Kampung Keramik Dinoyo, Jl MT Haryono XI Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (FOTO: Rosidatul Hasanah/TIMESIndonesia)
Tugu Wisata Kampung Keramik Dinoyo, Jl MT Haryono XI Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (FOTO: Rosidatul Hasanah/TIMESIndonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Kota Malang makin dikenal dengan wisata kampungnya. Tak hanya Kampung 3D, Kampung Kajoetangan, dan Kampung Tematik lainnya. Kampung Keramik Dinoyo juga menjadi unggulan wisata.

Kampung Keramik yang berada di kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ini memang menjadi sentra pengrajin keramik yang dikemas menjadi kampung wisata.

Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) di kampung keramik, H Syamsul Arifin menjelaskan ada 30 rumah pengrajin keramik di kampung ini yang aktif produksi setiap harinya.

"Disini kami memproduksi keramik setiap hari, karena distribusi hasil produksi juga lancar, pesanan dari berbagai daerah juga," ungkapnya pada TIMES Indonesia.

Pendistribusian hasil produksi dilakukan ke berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Lamongan, hingga Bali dan Kalimantan.

Dalam satu bulan satu tempat pengrajin ini bisa memproduksi hingga 2000 biji kerajinan keramik dengan motif dan bentuk yang berbeda.

"Yang banyak diminati konsumen atau wisatawan berupa sovenir-sovenir, yang ukurannya tidak terlalu besar dan mudah untuk dibawa," ujarnya.