Kutu Laut Raksasa Penghuni Jakarta Aquarium, Seperti Apa Bentuknya?

Kutu Laut di Jakarta Aquarium
Sumber :
  • VIVA/ Bimo Aria

VIVA – Mendengar kutu yang terlintas pertama mungkin ialah hewan kecil yang biasa hidup di rambut atau bulu-bulu binatang. Tapi pernahkah mendengar kutu laut raksasa? Jika penasaran seperti apa bentuk dari kutu laut raksasa, hewan unik ini kini bisa ditemui di Jakarta Aquarium, Neo Soho, Jakarta Barat.

Rayakan Liburan, Eksplor Keajaiban 2 Dunia 'Whimsical Chocorium' di Jakarta Aquarium & Safari

Kutu laut raksasa sendiri merupakan kerabat dekat udang dan kepiting. Mereka biasa hidup di kedalaman antara 160 dan 2.300 meter. Kutu laut raksasa juga merupakan salah satu makhluk paling aneh yang hidup di laut dalam. Ini karena hewan tersebut konon dapat hidup lima tahun atau lebih tanpa makanan.

"Kutu laut raksasa memiliki empat set rahang yang berbeda. Rahang ini dapat membantu mereka merobek dan memotong mangsa mereka," kata Direktur Jakarta Aquarium Will Owens di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

Kenapa Jakarta Aquarium Dibangun di dalam Mall? Ini Alasannya

Owens menjelaskan, untuk mengetahui lingkungan di sekitar area hidup, mereka menggunakan dua antenanya. Antena kecil itu untuk merasakan kandungan kimia dan yang besar untuk indera fisik.

Selain kutu laut raksasa, salah satu koleksi terbaru lainnya ialah gurita pasifik raksasa. Hewan laut yang satu ini terbilang sebagai makhluk luar biasa, cerdas dan cantik. Dengan total delapan lengan, ditutupi dengan cakram isap,  mereka memiliki cengkeraman kuat yang dapat mendeteksi rasa dan bau, serta dapat memasuki ruang yang lebih kecil dari tutup botol.

Ria Ricis Dipuji Jadi Putri Duyung di Akuarium Raksasa, Netizen: Mermaid Syar'i

"Pada akuarium kami, kamu mungkin harus melihat lebih dekat, karena hewan ini dapat mengubah warna dan tekstur kulit mereka untuk berbaur dengan bebatuan dan ganggang di sekitar mereka," kata Owens.

Hewan yang satu ini juga memiliki sembilan otak, satu untuk masing-masing lengan dan satu lagi di kepala mereka. Hewan ini sangat cerdas. Bahkan menurut Owens, hewan ini mampu memecahkan teka-teki rumit, membuka toples dan bermain dengan mainan. Mereka sendiri hidup di perairan pantai yang dangkal hingga kedalaman 100 meter atau lebih, suhu di bawah 10 derajat celcius.

Kedua hewan baru lainnya ialah naga laut berdaun dan naga laut rumput. Owens mengatakan, dengan kehadiran koleksi hewan unik dan aneh yang baru di Jakarta Aquarium adalah salah satu cara memberikan yang terbaik untuk pelestarian, konservasi dan edutinment untuk segala usia.

"Kita semua memiliki tanggung jawab dalam menyelamatkan planet kita. Fokus kami adalah meminta semua pengunjung untuk menjelajahi kekayaan keragaman dan budaya yang kami tawarkan," kata dia.(rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya