Masya Allah, Cantiknya Haghia Sophia yang Akan Dipakai Salat Jumat

Hagia Sophia di Istanbul, Turki.
Sumber :
  • LiveScience.

VIVA – Setelah 86 tahun, akhirnya Hagia Sophia di Istanbul, Turki, akan digunakan lagi untuk salat Jumat untuk yang pertama kalinya. Sekitar 1.000 orang diperkirakan akan mengikuti salat Jumat di gedung berusia 1.500 tahun itu. 

Merasakan Langsung Salat Berjamaah di Masjid Hagia Sophia Turki, Begini Sensasinya!

Lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu salat tetapi tetap akan dipajang. Salat Jumat pertama ini akan dipimpin oleh ketua direktur keagamaan, Ali ErbaÅŸ .

Mengintip sejarahnya, gedung ini dibangun pada abad ke-6 sebagai katedral namun dijadikan masjid pada 1453 ketika Ottoman, biasa disebut juga dengan Kekhalifahan Utsmaniyah, di bawah Mehmed II atau Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan Konstantinopel yang kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Jadi Imam Sholat di Hagia Sophia, Abdullah Basfar Divonis 12 Tahun Penjara oleh Arab Saudi

Baca juga: Baru Buka 1 Bulan, Disneyland Hong Kong Ditutup Lagi Gara-gara Corona

Dikutip LiveScience, bangunan ini terdiri dari dua lantai yang berpusat pada nave raksasa yang memiliki langit-langit kubah yang besar, bersamaan dengan kubah yang lebih kecil, menjulang di atas. 

500 Jamaah Tertular COVID-19 saat Salat di Hagia Sophia

"Dimensi Hagia Sophia tangguh untuk struktur apapun yang tidak terbuat dari baja. Panjangnya sekitar 82 meter dan lebar 73 meter. Kubahnya berdiameter 33 meter dan mahkotanya sekitar 55 meter di atas trotoar," tulis Helen Gardner dan Fred Kleiner dalam buku Gardner’s Art Through the Ages: A Global History.

Sedangkan di lantai dua, digunakan sebagai galeri. Kehadiran dua tingkat pada bangunan yang awalnya berfungsi sebagai katedral, masjid, museum, dan kini menjadi masjid lagi, difungsikan untuk memisahkan gender. 

Di bawah kubah, terdapat 40 jendela dengan sinar matahari masuk ke dalam bangunan. 

"Sinar matahari yang memancar dari jendela-jendela yang mengelilingi kubahnya yang tinggi, menutupi bagian dalam dan menyinari mosaik-mosaik emasnya. Tampaknya melarutkan solidaritas dinding dan menciptakan suasana misteri yang tak terlukiskan," kata peneliti Victoria Hammond. 

Dekorasi dalam Hagia Sophia pada awal konstruksi mungkin sangat sederhana, salah satunya gambar salib. Seiring waktu, dekorasinya berubah dengan memasukkan berbagai hiasan mosaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya