Ramai Pulau Lantigiang Dijual, Intip Pesona Keindahannya

Pulau Lantigiang di Selayar, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • Instagram /visitsulselofficial

VIVA – Pulau Lantigiang di Selayar, Sulawesi Selatan, dikabarkan telah dijual. Kepolisian Resor Kepulauan Selayar telah mengagendakan pemeriksaan terhadap pelaku penjualan pulau tersebut.

Fakta-fakta Kepulauan Widi Maluku Utara yang Akan Dilelang Situs Asing

Masuk dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, Pulau Lantigiang yang dijual tersebut tepatnya berada di Desa Jinato, Kecamatan Takabonerate.

Lalu, seperti apa sih pulau yang sedang ramai diperbincangkan tersebut? Ternyata, pulau Lantigiang memiliki pesona yang enggak kalah dibanding pulau lain di Indonesia lho. Yuk, intip keindahan Pulau Lantigiang, dikutip VIVA dari berbagai sumber. 

Jubir Luhut Bantah Kepulauan Widi Dijual, Benarkan Dikelola Swasta

Pulau tak berpenghuni

Lantigiang merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Karena belum terjamah, pulau ini masih sangat alami. Selain bisa melihat hamparan pasir pantai putih, di sini air lautnya juga masih sangat jernih. 

Penjual Pulau Lantigiang Selayar Jadi Tersangka

Terdapat banyak ikan pari

Uniknya, di bibir pantai pulau ini terdapat banyak ikan pari. Ikan yang memiliki 300 lebih spesies ini biasanya tersebar di perairan tropis, subtropis dan antartika. Tapi hati-hati, meski memiliki bentuk yang unik, sengatan ikan pari mengandung racun yang mematikan. 

Masuk kawan Taman Nasional Taka Bonerate

Pulau Lantigiang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Sejak 2005, Taman Nasional ini telah didaftarkan ke UNESCO, untuk menjadi Situs Warisan Dunia. 

Total, ada 15 pulau di Taman Nasional Taka Bonerate, termasuk pulau Lantigiang ini. Maka dari itu, tak perlu diragukan, pulau-pulau di sini sangat bagus untuk diving, snorkeling, dan melakukan wisata bahari lainnya. 

Topografi di kawasan ini juga sangat unik dan menarik. Menjadi kawasan dengan atol terbesar ketiga di dunia, atol di sini terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, yang membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. 

Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, ada banyak kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut, akan terlihat jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya