15 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Kamu Kunjungi

Jam Gadang (foto ilustrasi Kota Bukittinggi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Tempat wisata di Bukittinggi menjadi salah satu pesona yang dimiliki Tanah Air Tercinta. Indonesia memiliki sejuta pesona dengan keindahan alamnya. Keindahan akan pemandangan laut, air terjun, pegunungan, dan masih banyak lagi.

7 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Gak Nyesel

Terlebih di era sekarang ini, banyak tempat wisata diberbagai daerah yang membuat tempat wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Bukittinggi ini wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Sumatera Barat.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi yang wajib kamu kunjungi:

COVID-19 Meningkat, Tempat Wisata di Kota Tangerang Diawasi

1. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Photo :
  • U-Report
10 Tempat Wisata di Turki yang Ikonik dan Tengah Viral, Ada Cappadocia

Tempat wisata di Bukittinggi yang pertama ada Danau Maninjau. Danau ini terletak di ketinggian lebih dari 460 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau dipercaya terbentuk karena hasil erupsi gunung api puluhan ribu tahun yang lalu.

Untuk mencapai objek wisata di Bukittinggi ini, kamu harus melewati rute bernama Kelok 44, jalur perbukitan dengan 44 tikungan. Terdapat beberapa titik di kawasan wisata Bukittinggi ini yang bisa kamu kunjungi untuk mengagumi kemegahan Danau Maninjau.

Dari Kelok 23 hingga Kelok 30, kamu akan melihat pemandangan indah danau yang bergandengan serasi dengan hamparan sawah. Nah, kamu juga bisa bertolak ke titik tertinggi perbukitan, yakni Puncak Lawang.

Destinasi wisata di Bukittinggi yang populer ini penuh dengan spot berfoto dengan latar belakang Danau Maninjau. Lumayan kan buat stok foto di galeri kamu.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata selanjutnya ada Ngarai Sianok. Tempat wisata yang satu ini tak kalah dengan Grand Canyon di Amerika Serikat lho. Ngarai Sianok, lembah alami sepanjang 15 kilometer yang merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna.

Salah satu lokasi untuk menikmati keindahan dari tempat wisata di Bukittinggi ini adalah Taman Panorama, di mana tersedia gazebo dan viewing platform untuk pengunjung.

Jika kamu berkunjung kesini, jangan lupa untuk mampir di destinasi wisata lainnya seperti Tabiang Takuruang yang mempesona:

3. Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang, Bukittinggi, Sumatra Barat.

Photo :
  • U-Report

Janjang Koto Gadang ini merupakan destinasi tempat wisata di Bukittinggi yang kerap dijuluki sebagai "Tembok Cina"-nya Bukittinggi.

Membentang di tengah rimbunnya pepohonan sepanjang kurang lebih 1 km, menyusuri Janjang Koto Gadang ini akan memberikanmu pengalaman unik yang menyenangkan berwisata ke Bukittinggi.

4. Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang

Photo :
  • Instagram @wisatabukittinggi

Di Indonesia, memang banyak peninggalan-peninggalan zaman dahulu ya. Seperti peninggalan bangunan Belanda, peninggalan pembangunan bangunan China, pembangunan Jepang, dan lain-lain.

Nah, jika kamu tertarik menelusuri masa lalu kelam Indonesia sekaligus menguji nyali, tempat wisata yang satu ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu.

Tempat wisata sejarah di Bukittinggi yang cukup menarik ini yaitu Lobang Jepang Bukittinggi. Kamu bisa mengunjungi melalui Taman Panorama di Ngarai Sianok.

Lobang Jepang Bukittinggi terdapat lukisan tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942 hingga 1945 silam. Bunker yang panjangnya mencapai 1400 meter ini memiliki 21 lorong yang dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, contohnya adalah ruang penyimpanan amunisi, ruang mata-mata, dan ruang penyiksaan.

Namun, beberapa jalur di dalam objek wisata Bukittinggi yang bersejarah ini ditutup agar pengunjung tidak menyasar di dalam labirin goa.

5. Rumah Pohon Inyiak

Rumah Rumput Ngarai Sianok

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Tempat wisata berikutnya ada Rumah Pohon Inyiak. Rumah Pohon Inyiak ini terletak di aliran Sungai Batang Sianok, tepatnya di Kelurahan Kayu Kubu, Kota Bukittinggi. Untuk menuju wisata baru ini, pengunjung cukup memakan waktu sekitar 10 menit dari kawasan Jam Gadang.

Tiba di kawasan Rumah Pohon Inyiak, pengunjung langsung disambut mobil Jeep Wilys tua, yang menjadi lokasi swafoto pertama bagi pengunjung. Terdapat 11 spot untuk berswafoto di Rumah Pohon Inyiak.

Mulai dari rumah di atas pohon, rumah Vietnam beratapkan jerami, hingga rumah beratapkan rumah rumput yang menjadi ciri khas Rumah Pohon Inyiak.

Daya tarik utama Rumah Pohon Inyiak ini yaitu miniatur patung Merlion yang sangat mirip dengan ikon negara Singapura di Merlion Park. Terdapat kolam di bawah patung dengan air yang keluar dari mulut patung singa tersebut.

Terdapat juga wahana seperti Rumah Vietnam, Kapal Kuliner Inyiak, Palanya Inyiak, Rumah Gadang Lontiak mampu menarik para wisatawan untuk datang berkunjung.

6. Fort de Kock

Benteng Fort de Kock

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

Fort de Kock merupakan benteng peninggalan Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825 pada masa Hendrik Merkus de Kock sewaktu menjadi komandan Der Troepen dan Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda, karena itulah benteng ini terkenal dengan nama Benteng Fort De Kock.

Walaupun benteng ini sempat hancur berkeping-keping, pemerintah Sumatera Barat berhasil memulihkannya kembali untuk dijadikan lokasi wisata sejarah di Bukittinggi.

Selain itu, objek wisata bersejarah di Bukittinggi ini terhubung ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Jembatan Limpapeh. Jembatan ini menjadi daya tarik wisata Bukittinggi tersendiri karena konstruksinya yang bertabur ukiran khas Minang. 

7. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Photo :
  • Instagram @wisatabukittinggi

Jembatan Limpapeh merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Bukittinggi selain Jam Gadang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 yang berada di Benteng Pasar Atas. Dengan ukuran sepanjang 90 meter dan lebar 3.8 meter, Jembatan Limpapeh menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock. Para wisatawan dapat melihat pemandangan Kota Bukittinggi yang indah dikelilingi perukitan dan Gunung Merapi. Jembatan Limpapeh ini sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik.

8. Taman Panorama Bukittinggi

Panorama Ngarai Sianok

Photo :
  • Instagram @wisatabukittinggi

Pemandangan mempesona alam Ngarai Sianok dapat dilihat dari Taman Panorama Bukittingi. Karena keindahan alamnya, Ngarai Sianok pernah dijadikan sebagai latar belakang uang Rp1000 pada tahun 1980 yang lalu. Suasana di taman ini sangat rindang karena terdapat pepohonan yang berjajar di area taman.

Di Taman Panorama Bukittinggi ini terdapat fasilitas gazebo yang dapat  digunakan pengunjung untuk duduk bersantai sembari menikmati pemandangan alam Ngarai Sianok.

Lembah curam atau jurang dengan kedalaman sekitar 100 meter dan terbentang sepanjang 15 km dengan lebar 200 m tersebut mampu membius perhatian para wisatawan.

9. De Kock Café

De Kock Cafe

Photo :
  • Facebook/De Kock Cafe Bukittinggi

Jika kamu berkunjung ke Bukittinggi jangan lupa untuk mampir ke De Kock Café. Cafe yang berada di benteng
fort de cock
ini menyajikan aneka makanan khas Bukittinggi dengan perpaduan ala-ala Belanda.

Kontur-kontur yang disajikan membuat kamu betah untuk duduk bersantai. Cafe ini juga menyediakan spot selfi yang menarik, dan kekinian lho. 

10. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Photo :
  • Dok/bukittinggi.go.id

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia dan merupakan peninggalan Belanda yang telah ada sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Waw, menarik ya, saying banget jika tidak mampir kesini nih.

Tak hanya berbagai satwa yang bisa kamu temui saat berkunjung ke objek wisata Bukittinggi ini. Ada berbagai tempat wisata budaya untuk mengenal lebih dekat dengan budaya Minang, yaitu terdapat di dalam kawasan wisata Bukittinggi ini, temasuk Museum Rumah Adat Baanjuang.

11. Museum Rumah Adat Baanjuang

Rumah Adat Baanjuang

Photo :
  • Instagram @fauziahwibowo

Museum ini juga terletak di kawasan Taman Margasatwa. Museum Rumah Adat Baanjuang merekam jejak kehidupan masyarakat Minang. Berumur 85 tahun, destinasi tempat wisata di Bukittinggi yang terbuat dari kayu ini mengikuti rancangan rumah adat gadang, lengkap dengan anjuang pada sisi kanan dan kiri gedung.

Jika kamu mengunjungi objek wisata di Bukittinggi ini, kamu bisa menjumpai rumah miniatur tradisional, hewan-hewan langka yang diawetkan, serta benda-benda adat Minangkabau termasuk perlengkapan masak, alat musik, hingga senjata untuk berburu.

12. Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah Kelahiran Bung Hatta

Photo :
  • Instagram @wisatabukittinggi

Mohammad Hatta, sebagai Wakil Presiden Indonesia yang pertama, merupakan nama bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu, wajar saja jika banyak yang penasaran ingin melihat sendiri tempat kelahiran sosok pejuang kemerdekaan tersebut.

Dipugarkan pada tahun 1995, Rumah Kelahiran Bung Hatta dilestarikan sebagai museum untuk mengenang masa kecil sang Pahlawan Nasional.

Di tempat wisata sejarah Bukittinggi ini kamu akan dibawa melewati mesin waktu karena bangunan dan letak perabotannya diatur sedetail mungkin mengikuti rupa aslinya.

13. Jam Gadang

Jam Gadang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Jam Gadang yang terdapat di Bukittinggi ini juga disebut sebagai kembaran Big Ben. Mesin penggerak yang digunakan kedua jam ikonik ini identik serta tidak diproduksi lagi untuk bangunan lainnya.

Jam Gadang ini dirancang oleh arsitek Minangkabau, Yazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh, Jam Gadang adalah simbol kota yang akan menyempurnakan kunjungan kamu ke Bukittinggi. 

Tak hanya terbius oleh megahnya objek wisata Bukittinggi ini, kamu juga dapat menghabiskan waktu kegiatan kamu di sekitar bangunannya, antara lain adalah wisata kuliner khas Minangkabau, menikmati pertunjukkan air mancur dan lampu, serta menghampiri Taman Monumen Bung Hatta yang berada tak jauh dari tempat wisata di Bukittinggi satu ini.

14. Danau Singkarak

Kawasan Danau Singkarak.

Photo :
  • U-Report

Buat kamu yang ingin melihat tempat wisata dengan tema [erairan, tempat yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Ya, Danau Singkarak, Danau Singkarak ini menjadi danau terbesar kedua di Sumatera dan menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengelilingi danaunya dengan sampan milik nelayan. Lebih menariknya lagu, kamu juga bisa naik ke Puncak Gobah untuk menikmati danau ini dari atas ketinggian.

15. Pasar Atas dan Pasar Bawah

Design Pasar Atas Bukittinggi Sumatera Barat.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

Liburan ke Bukittinggi tak lengkap rasanya tanpa berwisata belanja. Untuk tempat wisata belanja yang  cukup populer di Bukittinggi adalah Pasar Atas (Ateh) dan Pasar Bawah. Sesuai namanya, kedua pasar ini dihubungkan oleh tangga dimana Pasar Atas berada di atas sedangkan Pasar Bawah di bagian bawah.

Pasar Atas lebih banyak menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, busana, dan pernak-pernik khas Bukittinggi. Sedangkan di Pasar Bawah lebih banyak pedagang makanan dan bahan memasak termasuk ragam jajanan pasar Khas Bukittinggi dan juga oleh-oleh lainnya.

Menarik bukan tempat wisata di Bukittinggi? Itulah sederet tempat wisata di Bukittinggi yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Sumatera Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya