Libur Natal, Macet Panjang Terjadi di Jalur Wisata Semarang

Macet panjang di jalur wisata Semarang dan Salatiga
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/TvOne

VIVA – Kemacetan cukup panjang terjadi di jalur wisata antara Semarang dan Salatiga, Minggu 26 Desember 2021. Antrean kendaraan mencapai satu kilometer, tepatnya di jalan raya utama depan tempat wisata Cimory.

Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat Ketika Terjebak Macet

Penyebab kemacetan karena banyaknya kendaraan wisatawan yang keluar masuk ke tempat wisata. Selain itu juga karena persimpangan jalan, yang mana banyak kendaraan yang berbelok menuju arah wisata Bandungan.

Antrean sepanjang satu kilometer terlihat di sisi timur atau jalur dari Semarang ke Salatiga, Solo. Sementara di jalur sisi barat panjang kemacetan juga hampir sama.

Terjebak Macet Puncak, Anggota DPR Desak PUPR Bangun Flyover

Menurut warga setempat, situasi ini hampir selalu terjadi saat hari libur, lebih-lebih di masa liburan seperti Natal dan Tahun Baru. 

"Kan banyak kalau pas musim liburan orang pada piknik. Di lokasi ini kan ada tempat wisata Cimory itu yang persis di pinggir jalan raya, jadi mobil yang pada ngantre masuk membuat jalurnya menyempit, sehingga bikin macet," kata Trisno, warga setempat.

Pascakemacetan Parah Polisi Berlakukan One Way Arus Balik dari Puncak

Sementara itu, pengendara yang terjebak macet mengaku harus bersabar, karena hampir setengah jam  mengantre untuk lewat.

"Dari Karangjati tadi sudah merayap, lalu macet di dekat pabrik Sido Muncul. Ya kira-kira satu kilometer lah," keluh Murdopo, pengendara yang sedang melintas. 

Diprediksi kemacetan seperti ini akan terjadi pada Sabtu dan Minggu depan bertepatan libur Tahun Baru. 

"Kalau tidak mau macet ya lewat jalan tol keluar Bawen. Karena jalur alternatif lewat Bandungan pun kalau libur ya macet," kata warga setempat.

tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya