Penjelasan BMKG Soal Fenomena Suhu Dingin di Malang 

kota Malang di malam hari
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

VIVA Travel –  Dalam beberapa hari terakhir suhu di Malang Raya terasa lebih dingin dibandingkan hari biasa. Seperti di Kota Batu, suhu pada malam hari hingga dini hari mencapai 15 hingga 17 derajat celcius. 

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Lalu di Kabupaten Malang suhu dingin mencapai 16 hingga 17 derajat celcius. Sedangkan di Kota Malang suhu terdingin mencapai 17 derajat. Suhu dingin ini dirasakan sejak pertengahan malam dan puncaknya pada dinihari. 

Pengamat Meteorologi dan Geofisika BMKG Stasiun Klimatologi Malang, Andang Kurniawan membenarkan bahwa suhu di Malang Raya rata-rata di bawah 17 derajat celcius. Fenomena ini akrab terjadi pada bulan Juli hingga Agustus nanti. 

Seorang Turis Perempuan Nyaris Dilecehkan Tukang Ojek di Bromo

Penyebabnya, udara dingin dari Australia telah sampai ke Indonesia. Ditambah topologi Malang Raya yang dikelilingi pegununungan membuat suhu terasa lebih dingin. 

"Sesuai pengamatan di Stasiun Klimatologi Jawa Timur mengkonfirnasi memang akhir-akhir ini, bahkan tadi pagi, udara di Malang raya memang terasa lebih dingin. Tidak adanya awan, mengakibatkan energi panas di permukaan bumi terlepas ke angkasa pada saat malam. Ini mengakibatkan pada dinihari, sebelum ada sinar matahari, udara terasa dingin," kata Andang, Selasa, 25 Juli 2022. 

Pembakar Bromo Pakai Flare Divonis 2,5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 Miliar

Fenomena frost atau embun es di Gunung Bromo

Photo :
  • Humas Balai Besar TNBTS

Andang mengungkapkan bahwa datangnya suhu dingin menjadi petanda pancaroba mendekati puncak musim kemarau. Sebab, biasanya selalu ditandai oleh pergerakan angin dari arah timur yang berasal dari Benua Australia. 

"Benar, catatan suhu di bawah 17 derajat memang terjadi. Imbauan kepada masyarakat agar menjaga kondisi tubuh dengan mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh," ujar Andang.

Salah satu warga Kedungkandang Kota Malang, Ilham Akbar mengakui bahwa sejak pekan lalu suhu di daerahnya terasa begitu dingin. Pria yang bekerja di sebuah hotel di Kota Malang itu bahkan selalu memakai pakaian tebal saat beraktivitas di luar ruangan.

"Suhu lebih dingin dari biasanya. Jadi kalau ke luar rumah baik itu bekerja atau keluar urusan lain pasti pakai jaket atau pakaian yang hangat," tutur Ilham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya