Jadi Pusat Malam Tahun Baru, Ini 5 Daya Tarik TMII Wajah Baru

Teater Keong Mas wajah TMII
Sumber :
  • tamanmini.com

VIVA Travel – Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, banyak masyarakat Indonesia yang mulai merencanakan liburan, mulai dari bepergian ke luar kota hingga ke luar negeri bersama teman maupun keluarga. 

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Tapi ternyata, berkeliling Indonesia untuk mempelajari ragam budaya tidak perlu merogoh kocek yang dalam dan menghabiskan waktu lama karena bisa hany dengan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tempat wisata yang baru saja rampung direvitalisasi ini mengusung tema budaya Indonesia. TMII menghadirkan berbagai bangunan tradisional dari 33 provinsi di Tanah Air hingga termasuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Perayaan Tahun Baru 2023 juga akan berpusat di TMII, lantas ada apa saja kah di wajah baru TMII ini? Berikut adalah penjelasannya.

1. Anjungan

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang memiliki arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Ada 33 Anjungan Daerah yang berdasar pada 33 Provinsi Tanah Air yang mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan. 

Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, mulai dari ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya. Bahkan, ada rumah yang langsung didatangkan dari daerah aslinya seperti rumoh Aceh Cut Meutia dari Aceh. Selain rumah adat, Anjungan Daerah juga menghadirkan nilai-nilai sejarah seperti pakaian adat, alat musik, dan masih banyak lainnya.

2. Museum

Menjunjung tinggi sejarah Republik Indonesia, TMII memiliki 19 museum yang akan memberikan pengetahuan seputar budaya, sejarah, peradaban, teknologi, hingga sosial masyarakat.

Adapaun museum di TMII adalah Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, Museum Penerangan, Museum Perangko, Museum Asmat, Museum Timor Timur, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu, Museum Fauna Indonesia, dan masih banyak lainnya.

3. Taman Flora dan Fauna

TMII memiliki beberapa jenis taman rekreasi yang cocok dikunjungi oleh anak-anak, seperti taman monumental, taman flora, taman fauna, dan taman hiburan.

Taman monumental diantaranya adalah Taman Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok. Taman Flora terdiri dari Taman Apotik Hidup, Taman Melati, serta Taman Legenda Keong Emas. Sedangkan Taman Fauna diantaranya adalah Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Reptilia, Taman Kupu, Dunia Air Tawar. Lalu, Taman Hiburan dan Sarana Rekreasi antara lain taman air Snowbay Water Park,Istana Anak Anak Indonesia dan Among Putro "Jagat Antariksa" SkyWorld. 

4. Wahana Rekreasi

Puas menjelajah budaya Indonesia lalu mengunjungi museum dan taman-taman terbuka, TMII juga memiliki wahana rekreasi yang tidak kalah menarik.

Wahana rekreasi tersebut antara lain Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D'Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas. 

5. 7 Rumah Ibadah

Kerukunan dan kedamaian antar umat beragama bisa disaksikan langsung di wilayah rumah ibadah TMII. Di tempat ini, ada 7 rumah ibadah dari 7 agama berbeda yang saling bersanding satu sama lain.

Pengunjung bisa mendatangi Masjid Diponegoro saat ibadah Shalat Jum'at berlangsung. Di saat bersamaan, terjadi kebaktian ekumene di Gereja Haleluya yang dipimpin oleh seorang Pendeta. Begitupun dengan hari munggu dimana dilakukan kegiatan ibadah umat Kristen dan Katholik di Gereja Haleluya dan Santa Chatarina, saat yang bersamaan, terjadi kegiatan agama di wihara Budha ataupun Pura Hindu Dharma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya