Liburan Seru, Yuk Atur Budget-mu Dari Sekarang!

Ilustrasi Liburan
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Siapa yang tidak suka liburan? Rasanya semakin banyak orang yang suka dan membutuhkan kegiatan yang satu ini. Apalagi saat ini, liburan terasa semakin mudah dan murah. Mulai dari mudahnya mencari destinasi wisata hingga akomodasi. Belum lagi semakin banyaknya maskapai Low Cost Carrier (LCC) alias penerbangan dengan biaya murah. Adanya mobile banking juga memudahkan setiap orang dalam melakukan transaksi pembayaran untuk kebutuhan liburan mereka.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Soal pariwisata ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari Januari hingga November 2022, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 4,58 juta kunjungan, naik 228,30 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2021.

Sementara itu, bicara soal penerbangan di Indonesia, saat ini ada lebih dari 3 maskapai LCC yang bisa membawa Anda ke berbagai daerah di Indonesia. Belum lagi selancar di internet yang memungkinkan Anda untuk bisa mencari akomodasi sesuai kantong.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Masih data dari BPS, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang berangkat pada November 2022 sebanyak 4,6 juta orang, naik 1,06 persen dibanding kondisi pada Oktober 2022. Selama Januari–November 2022, jumlah penumpang domestik sebanyak 47,3 juta orang dan jumlah penumpang internasional sebanyak 6 juta orang, masing-masing naik sebesar 81,32 persen dan 1.030,96 persen dibanding kondisi pada periode yang sama tahun 2021.

Tak heran kalau jumlah penumpang angkutan udara semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan mencari informasi mengenai berbagai tujuan wisata. Bayangkan saja, hanya berbekal video pendek dari aplikasi seperti Tiktok dan Instagram, rasanya lebih mudah mencari destinasi wisata serta beragam akomodasi di luar sana. Inilah yang memungkin orang-orang semakin tertarik dan rela menabung berbulan-bulan untuk bisa berada di destinasi wisata yang diinginkan. 

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Hindari Kesalahan Ini Saat Berwisata
Ada beberapa kesalahan yang menyebabkan seseorang overbudget saat berwisata, antara lain:
1. Tidak berusaha mencari opsi harga yang lebih terjangkau. Padahal dengan berbagai kemudahan yang ada saat ini, Anda bisa mencari opsi yang lebih terjangkau.
2. Tidak membuat perhitungan yang fleksibel dalam mengeluarkan uang.
3. Tidak menyiapkan dana tidak terduga alias dana darurat. Padahal dana ini penting untuk hal yang tidak terduga misalnya sakit saat berwisata.
4. Terlalu impulsif pada diri sendiri sehingga tidak menyesuaikan budget yang sudah dianggarkan.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana membuat liburan seru tanpa ‘bokek’? Lalu bagaimana mengatur budget yang pas untuk liburan?

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula banyak jalan untuk membuat liburan tetap seru tanpa harus mengorbankan banyak hal, misalnya menguras tabungan. Namun, sebelum hal tersebut bisa terealisasi, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

? Rencanakan Liburan Sejak Awal
Liburan yang nyaman artinya dilakukan dengan perencanaan yang matang, maka liburan akan terasa seru dan menyenangkan. Bayangkan saja, Anda gegabah saat berlibur, tanpa perencanaan dan tanpa persiapan. Jika hal tersebut dilakukan, bukan tidak mungkin jika ada hal-hal yang harus dikorbankan. Jadi, Anda harus bersabar dan atur waktu untuk merencanakan liburan impian.

Sehingga hal yang sebaiknya dilakukan adalah merencanakan liburan sejak awal. Bahkan bila perlu Anda membuat timeline khusus dengan target-target tertentu. Misalnya Anda akan berlibur ke Jepang saat akhir tahun nanti. Anda bisa mulai merencanakannya dari sekarang.

Bisa dimulai dengan mencari tiket pesawat terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan saat Travel Fair. Biasanya, perhelatan Travel Fair yang diadakan memberikan banyak penawaran menarik sehingga Anda bebas memilih maskapai apa yang diinginkan. Apakah direct atau transit, hingga berapa budget yang sesuai. 

Selanjutnya, jika sudah mendapatkan tiket pesawat untuk perjalanan, Anda bisa maju selangkah untuk mencari penginapan dan informasi tempat wisata yang ingin dikunjungi. Jangan lupa, selagi bulan-bulan menunggu saat liburan itu tiba, Anda juga bisa mengumpulkan mata uang negara setempat dalam hal ini Yen untuk mata uang Jepang.

Sehingga, jika Anda menabung sedikit demi sedikit saat ini, maka saat menuju hari-H Anda sudah memiliki bekal. Keuntungan dari mengumpulkan mata uang negara setempat sejak awal, Anda bisa menghindari kenaikan mata uang asing yang bisa terjadi kapan saja.

? Budgeting
Ini adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Rasanya, setiap orang yang ingin sehat secara finansial, harus rutin melakukan budgeting sebelum gajian. Banyak sekali manfaat budgeting, satu diantaranya menghindari “Besar Pasak Daripada Tiang” sampai bebas menentukan tujuan keuangan tanpa takut tidak memiliki uang.

Bicara soal budgeting ini memang tidak mudah, dibutuhkan konsistensi dan sikap tegas agar tidak meleset dari perencanaan budget yang sudah dibuat. Maka, sebelum akhirnya membuat budget untuk liburan, ada baiknya Anda memastikan bahwa alokasi budget untuk kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi. 

Berikut cara budgeting yang efektif agar dana untuk liburan terkumpul tepat waktu tanpa mengganggu alokasi budget harian:
1. Bayar semua tagihan tepat waktu: Ini adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi dalam budgeting. Tidak ada alasan bagi Anda untuk telat membayar tagihan. Dengan mobile banking, membayar tagihan seharusnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Apalagi jika Anda mempunyai tagihan kartu kredit yang Anda gunakan sebelumnya. Pastikan saat Anda pergi liburan, kartu kredit Anda dalam keadaan kosong tanpa tagihan. 

Kenapa? Sebab tagihan kartu kredit Anda bisa bertumpuk dan menyebabkan Anda memiliki sekian utang. Jangan sampai, pulang liburan bukan kebahagiaan yang Anda dapatkan melainkan utang yang menggunung. Jangan sampai hal ini terjadi kepada Anda .

Tidak hanya kartu kredit, mobile banking juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran dengan metode lainnya seperti pembayaran tagihan langsung, QRIS atau transfer virtual account. 

2. Stick to the Budget: Jangan meleset dari budget yang sudah dianggarkan. Misalnya Anda menggunakan metode budgeting 50:30:20 yaitu 50% dari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar tagihan, 30% untuk lifestyle dan 20% sisanya untuk menabung. Maka, jangan mengubah aturan yang sudah Anda tentukan sendiri.

Misalnya, Anda merasa menabung 20% terlalu banyak sehingga pos untuk lifestyle menjadi terganggu. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin jika tujuan keuangan yang lain akan terganggu. Sebab saat ini, sebaiknya Anda tidak hanya menabung untuk tujuan liburan, tapi juga untuk tujuan keuangan lain misalnya membeli rumah pertama, dana darurat sampai untuk dana pensiun yang akan digunakan saat hari tua nanti.

3. Konsisten
Lakukan budgeting dengan konsisten. Misalnya Anda merasa 50% untuk kebutuhan sehari-hari kurang, maka Anda bisa mengambil dari 30% yang digunakan untuk pos lifestyle. Trial and error dalam budgeting adalah hal biasa. Yang tidak biasa adalah saat Anda merasa budgeting tidak ada gunanya dan sulit untuk dilakukan.

Padahal, sebagaimana pepatah “alah bisa karena biasa”, hal ini juga berlaku untuk budgeting. Awalnya, budgeting memang sulit, namun seiring berjalannya waktu dan kebiasaan, maka budgeting adalah salah satu hal penting. Dengan budgeting, Anda bisa mewujudkan keinginan berlibur dengan aman tanpa mengganggu budget harian dan alokasi tabungan yang lainnya.

? Buka Tabungan Khusus untuk Liburan
Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar hobi berlibur dan mengunjungi destinasi wisata yang diinginkan bisa terwujud. Anda bisa membuka rekening khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan dana yang tujuannya untuk dana berlibur Anda .

Anda bisa memulai saat ini juga. Apalagi, saat ini tersedia banyak sekali bank yang menawarkan pembukaan rekening tanpa harus ke kantor cabang. Tentunya hal ini memudahkan Anda yang disibukkan oleh pekerjaan sehingga tidak sempat ke kantor cabang.

Beberapa keuntungan memiliki tabungan khusus untuk tujuan liburan antara lain:
1. Dana untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan lainnya tidak akan bercampur. 
2. Anda bisa fokus menabung dan mengetahui berapa jumlah uang yang terkumpul saat ini hingga hari liburan tiba. Sehingga, hal ini akan membantu Anda terhindar dari gaya hidup “You Only Life Once” alias YOLO.
3. Jika sewaktu-waktu Anda menemukan harga tiket yang cocok atau hotel cantik tepi pantai yang sesuai budget, Anda bisa langsung melakukan transaksi saat itu juga dengan tabungan khusus liburan. Jangan sampai menunggu lama, karena khawatir promo akan berakhir.
4. Kemungkinan Anda bisa mendapatkan penawaran menarik dari bank tempat Anda menyimpan uang untuk dana berlibur.
5. Anda juga bisa melakukan transaksi dengan rekening tabungan tersebut di tempat tujuan wisata. Sehingga hal ini membuat Anda tidak impulsif karena Anda diharuskan berbelanja menggunakan saldo yang ada pada rekening liburan tersebut, bukan uang tunai.

Liburan Tenang dengan PermataMobile X
Mobile banking adalah layanan perbankan yang bisa memenuhi kebutuhan liburan Anda melalui genggaman saja. Tanpa datang ke kantor cabang, Anda bisa langsung membuka rekening tabungan liburan Anda dengan mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X. Cukup masuk ke menu PermataStore dan pilih produk tabungan yang Anda inginkan. Prosesnya online dan cepat.

Tidak hanya itu, Anda akan sangat dimanjakan dengan berbagai fitur perbankan yang tersedia di dalamnya. Aplikasi mobile banking PermataMobile X ini menghadirkan solusi praktis, simpel dan aman sehingga memudahkan Anda dalam membayar semua tagihan. Setelah login, pilih opsi “Bayar Tagihan” untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan sesuai kebutuhan. Fitur ini akan secara otomatis menampilkan jenis tagihan yang paling sesuai dengan Anda . 

Mobile banking PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store dan App Store dan juga menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda manfaatkan. Layanan yang tersedia dalam PermataMobile X selain membayar tagihan dengan mudah, di antaranya transfer dana secepat kilat dengan BI-Fast tanpa dikenakan biaya, top up (e-wallet, paket data, voucher game, dan lainnya), cek mutasi rekening hingga 12 bulan, WhatsApp Gift, investasi Reksadana, mengelola kartu kredit (mengubah transaksi jadi cicilan serta aktivasi kartu kredit), pembayaran menggunakan QR Pay, tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, dan apply produk-produk PermataBank melalui PermataStore.

Apakah Anda siap liburan seru bersama PermataMobile X? Yuk, install aplikasi PermataMobile X sekarang juga untuk dapatkan kemudahan bertransaksi. Informasi lebih lanjut terkait mobile banking ini bisa kunjungi laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya