Diresmikan Februari 2023 lalu, Ada Apa Saja di Kota Wisata Belanja Cinity?

Area komersial Cikarang International City (CINITY) di Kabupaten Bekasi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jumlah usaha restoran, rumah makan dan kafe di Bekasi, Jawa Barat meningkat signifikan. Dari sebelumnya 200 pada 2019, menjadi 981 pada 2021. Demikian menurut data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Hal ini berarti post era pandemic menunjukan tren angin segar baru pada industri culinary, fashion and retail, lifestyle dan entertainment, khususnya di Kabupaten Bekasi.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Nah, buat Kamu warga Bekasi, sudah tahu belum ada area komersial Cikarang International City alias Cinity? Ya, kota baru yang diluncurkan pada Februari 2023 ini diproyeksikan sebagai pusat area komersial dan residensial. Cinity dikembangkan di atas total lahan seluas 500 hektar untuk memenuhi kebutuhan hunian masyarakat urban di masa mendatang.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Baru-baru ini, restoran makanan cepat saji McDonald’s juga akan menambah gerai barunya di sana. Hal ini pun menguatkan komitmen Sri Pertiwi Sejati (SPS) Group untuk mengembangkan kawasan komersial ini sebagai The Biggest Shopping Tourism, sebuah pusat wisata belanja terbesar yang menghadirkan berbagai pusat culinary, fashion and retail, lifestyle dan entertainment di dalam satu kawasan.

Sebagai informasi, SPS Group melakukan Groundbreaking gerai McDonald’s bersama PT Rekso Nasional Food (McDonald’s Indonesia) pada Rabu, 31 Mei 2023 lalu di Cikarang, Bekasi, sebagai bagian dari fase awal pengembangan Cinity.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Founder PT Sri Pertiwi Sejati, Asmat Amin, CEO Cinity, Ming Liang, Direktur Operasional PT Sri Pertiwi Sejati, Agus Supriyadi dan Director of Store Development Group McDonald's Indonesia, Ratna Wirahadikusumah.

Gerai McDonald’s tersebut diketahui akan berdiri di lahan seluas  450 meter persegi dan terletak strategis di area komersial Big Box Cinity. Sebelumnya, McDonald’s sudah membuka dua gerainya di zona industri yang ada di Cikarang.

Masih minimnya area komersial di zona pemukiman Cikarang membuat pertumbuhan sektor kuliner di kawasan ini akan sangat dinanti oleh masyakarat. Data dari BPS Kabupaten Bekasi 2021 menunjukkan 88,46 persen populasi penduduk dalam usia produktif dan aktif bekerja.

Kemudian juga didukung captive market sebesar 1,5 juta di kawasan ini, sehingga kota ini memiliki potential market terhadap perkembangan bisnis ritel ke depannya.

Dampak besar bagi industri pariwisata dan ekonomi di Bekasi

Area komersial Cikarang International City (CINITY) di Kabupaten Bekasi.

Photo :
  • Istimewa

CEO Cinity, Ming Liang mengatakan, hadirnya brand-brand ternama di CINITY akan berdampak besar bagi Bekasi, terutama dalam hal pariwisata dan ekonomi. Bergabungnya McDonald’s menjadi bukti bahwa adanya peluang investasi yang tinggi.

Minimnya area komersial di Cikarang membuat SPS Group yakin bahwa menjadikan Cinity sebagai The Biggest Shopping Tourism adalah langkah yang tepat.

“Kami berharap setelah brand ternama ini berdiri, maka dampak ekonomi akan terus terasa dan semakin menunjukkan eksistensi Cinity sebagai Kota Wisata Belanja. Ke depannya brand ternama yang lain akan segera bergabung. Saat ini kami masih melakukan seleksi terhadap brand-brand yang ingin bergabung disesuaikan dengan kebutuhan market,” ucap Ming Liang dalam keterangannya, Jumat, 2 Juni 2023.

“Semakin banyaknya investasi yang masuk akan memberikan multiplier effect pada banyak entitas bisnis yang juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta pertumbuhan dan pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Bekasi,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Associate Director Store Development Group McDonald’s Indonesia, Erik Marino mengungkapkan alasan pihaknya membuka gerainya di sana, karena terdapat potensi lokasi yang menjanjikan sesuai dengan assessment mereka.

“Konsep gerainya ialah free standing, drive thru dan stand alone (berdiri sendiri) dengan memiliki beberapa fasilitas di antaranya area parkir, SOK (Self Ordering Kiosk), free wifi, birthday party, playland, serta buka dalam 24 jam. Kami pun berharap terdapat simbiosis mutualisme dengan tenant yang akan berdiri di dalamnya dan Cinity akan terus berkembang bersamaan dengan tenant-tenant yang bergabung,” kata Erik.

Masuknya waralaba internasional itu disebut akan memenuhi gaya hidup masyarakat dan melengkapi fasilitas di kawasan berkelas internasional kota baru tersebut.

Saat ini juga sedang dalam proses pengembangan area komersial lainnya yang berada strategis di main boulevard bernama The Urban Hub, berupa ruko 3 lantai. Tersedia tempat untuk 71 tenant yang ingin bergabung di The Urban Hub yang lokasinya berhadapan dengan Thematic Shopping Street sepanjang 7 kilometer..

Thematic Shopping Street sendiri merupakan area komersial dengan mengusung konsep international themed cluster, yang di dalamnya terdapat Japanese Promenade, London Promenade, Korean Promenade dan Moroccan Promenade.

Selain itu, terdapat juga Hub 9 sebagai tempat hangout dan meeting point terbaru dengan konsep ruang terbuka hijau yang akan menjadi lifestyle center bagi masyarakat urban Cikarang. Kemudian sedang berlangsung pula pembangunan cluster Premier Lake Residence di area residensial yang merupakan hunian asri modern bernuansa danau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya