Konten Kreator Bisa Diberdayakan Buat Majukan Desa Wisata, Begini Caranya

Konten kreator, Nandi.
Sumber :
  • Instagram @nandiid.

JAKARTA – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan popularitas media sosial, seorang konten kreator bernama Nandi mengambil peran penting membangun potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Wisata di seluruh Indonesia

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Melalui perjalanannya yang menginspirasi dan konten kreatifnya, Nandi membantu memperkenalkan dan mengembangkan potensi pariwisata di berbagai desa di Indonesia. Yuk, scroll untuk mengenalnya lebih jauh.

Sebagai konten kreator, Nandi memiliki ribuan pengikut di berbagai platform media sosial. Dengan nama pengguna @nandiid, dia menjadikan hobinya membuat video sebagai upaya membangun dan mempromosikan desa wisata. 

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Namun, ia tak hanya fokus pada konten hiburan semata, melainkan juga menggunakan kepopulerannya untuk meningkatkan kesadaran akan keindahan dan keunikan Desa Wisata. Ia percaya bahwa Desa Wisata memiliki potensi luar biasa untuk mengembangkan ekonomi lokal dan memberikan lapangan kerja kepada masyarakat setempat.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

"Saya tak menyangka bahwa kesempatan itu hadir mengajak saya untuk dapat berkunjung ke beberapa desa wisata di Indonesia, hampir semua pulau besar dan kecil di Indonesia saya kunjungi," ujar Nandi dalam keterangannya, dikutip Sabtu 1 Juli 2023. 

Perjalanan Nandi dimulai ketika ia memutuskan untuk menjelajahi Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, dengan misi untuk menggali potensi wisata di setiap daerah yang ia kunjungi. Melalui kontennya, ia memperkenalkan kekayaan alam, budaya, dan kearifan lokal yang dimiliki  masing-masing desa yang dikunjungi.

Selain itu, Nandi juga aktif berkolaborasi dengan masyarakat dan Pemda setempat untuk mengembangkan infrastruktur dan fasilitas pendukung di Desa Wisata. Ia mengorganisir kegiatan pelatihan, workshop, dan seminar bagi penduduk desa, terutama yang berhubungan dengan pariwisata dan industri kreatif. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di desa-desa tersebut, sehingga masyarakat lokal dapat berpartisipasi aktif dalam mempromosikan dan mengelola potensi pariwisata mereka.

"Banyak sekali keindahan alam di setiap sudut Indonesia yang perlu dipublikasikan. Maka tugas saya adalah memposting dan memberikan rujukan kepada wisatawan yang akan berkunjung," imbuhnya.

Manparekraf Sandiaga Uno di  Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat

Photo :
  • Dokumentasi Kemenparekraf

Salah satu kesuksesan yang dicapai oleh Nandi adalah meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi Desa Wisata yang ia promosikan. Selain itu, berkat perhatian yang dihasilkan oleh konten-konten tersebut, ada dampak ekonomi signifikan yang dirasakan masyarakat setempat.

"Saya sangat bersyukur bahwa dengan konten yang saya buat membantu promosi desa wisata yang saya kunjungi, hingga saat ini saya selalu kontak dengan pengelola desa wisata dan terdapat peningkatan kunjungan," tukasnya. 

Melalui upayanya yang gigih dan komitmen membangun potensi SDM Desa Wisata, Nandi telah memberikan inspirasi dan teladan bagi konten kreator lainnya di Indonesia. Ia membuktikan bahwa popularitas di media sosial dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mendorong pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

Dengan semakin banyaknya konten kreator yang terinspirai, diharapkan Desa Wisata di seluruh Indonesia dapat terus berkembang dan menjadi destinasi wisata yang terkenal baik di dalam maupun luar negeri. 

Apresiasi dan dukungan terhadap upaya Nandi dan konten kreator lainnya dalam membangun potensi SDM Desa Wisata merupakan langkah positif dalam meningkatkan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

"Tidak perlu berwisata ke luar negeri, di Indonesia aja udah cukup, indah banget," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya