Hasil Survei, Ini 5 Kota Terbaik di Indonesia untuk Berwisata dan Habiskan Masa Tua

Foto udara jalan yang baru diaspal di Jalan Akses Wisata Mandeh, Pessel - Padang, di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu, 25 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

PADANG – Hasil survei yang dilakukan lembaga Goodstats terhadap sejumlah daerah di Indonesia pada November hingga Desember 2022, menempatkan kota Padang Sumatera Barat, diperingkat kelima sebagai kota terbaik untuk berwisata sekaligus tempat untuk menikmati hari tua.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Sumatera Barat, Yudi Indrasyani menyebut, baik untuk kategori wisata maupun kota terbaik untuk menikmati masa tua, kota Padang sama-sama menduduki peringkat lima. Dengan hasil, 28 persen memilih kategori kota terbaik untuk wisata dan 26 persen responden memilih terbaik untuk menikmati masa tua. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Padang jadi destinasi favorit. 28 persen dari responden menyatakan hal itu. Respondennya mayoritas berada di Pulau Jawa, ada 300 responden," kata Yudi Indrasyani, Senin 10 Juli 2023.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dijelaskan Yudi, untuk peringkat pertama dari hasil survei ini, kategori kota terbaik untuk wisata adalah Yogyakarta dengan nilai persentase 71 persen responden. Lalu, berturut-turut peringkat kedua hingga keempat adalah Denpasar 70 persen, Bandung 52 persen, dan Malang 33 persen.

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Sedangkan untuk kategori kota terbaik untuk menikmati masa tua kata Yudi lagi, Padang juga menduduki posisi ke-5 dengan hasil pilihan dari 26 persen responden. Posisi pertama hingga keempat adalah, Yogyakarta 51 persen, Bandung 40 persen, Solo 38 persen dan Malang 33 persen.

"Adapun survei yang dilakukan Goodstats ini, menyasar 300 responden yang mayoritasnya berada di Pulau Jawa. Responden terbanyak, diisi oleh Provinsi Jawa Barat Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta sebanyak 64,8 persen. Sisanya 35,2 persen diisi responden dari luar Pulau Jawa," ungkapnya.

Dengan hasil ini, Yudi menegaskan jika Pemko Padang akan menjadikan momen ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelaku wisata. Ia pun berharap, ke depan kota Padang akan lebih disukai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Serta, diminati sebagai tempat untuk melepas lelah, menikmati keindahan alam, termasuk tempat untuk menikmati masa pensiun.

"Tentunya kita bersyukur atas capaian ini, hal ini akan menjadi motivasi dan semangat agar lebih giat dan mendorong para stake holders pariwisata Kota Padang untuk lebih meningkatkan kualitas dan layanan pariwisata," tutup Yudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya