Jakarta, Kota Metropolitan yang Wajib Dikunjungi Tahun 2024 Versi Lonely Planet

Monumen Nasional, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA Foto/Galih Pradipta

Jakarta – Kota Jakarta mendapat penghargaan “Best Cities to Visit in 2024” versi Lonely Planet, majalah perjalanan terkemuka asal Amerika Serikat (AS), yang menempatkan Jakarta di urutan ke-7 dari 10 kota terpilih dari seluruh dunia, melampaui Praha, Izmir, dan Kansas City. Sementara itu, peringkat ke-1 hingga ke-6 ditempati oleh Nairobi, Paris, Montreal, Mostar, Philadelphia, dan Manaus. 

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Festival Ondel-ondel.

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

“Tahun lalu kita menang melalui Raja Ampat sebagai salah satu unwind destination, tahun ini, alhamdulillah, lewat Jakarta, menjadi Best Cities to Travel,” kata Menparekraf Sandiaga yang menerima langsung penghargaan tersebut di Excel, London, Inggris, Selasa 7 November 2023 dikutip dari keterangan resminya.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Jakarta menjadi salah satu kota terpadat di dunia, memiliki beragam atraksi pariwisata. Wisatawan dapat menikmati destinasi belanja budget di Tanah Abang hingga luxury di mal-mal prestisius seperti Grand Indonesia, hingga dapat berwisata kota di malam hari di kawasan Jakarta Selatan.

Selain itu, wisatawan juga bisa berburu produk ekonomi kreatif khas dan legendaris di Sarinah, hingga menuju kawasan kuliner terkenal di Kawasan Blok M, Pecenongan, Pasar Baru, Mangga Dua, hingga Kelapa Gading. Keunikan khas kota metropolitan akan terasa kental sepanjang jalan saat pelancong mengeksplor Jakarta. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Selain wisata kuliner, Jakarta juga memiliki segudang potensi untuk pengembangan pariwisata sejarah, budaya, dan alam. Wisatawan bisa mengunjungi berbagai museum hingga Monumen Nasional untuk mengetahui seluk beluk sejarah panjang Indonesia. Serta mengunjungi kawasan mangrove di Angke Kapuk, Jakarta Utara.

“Penghargaan ini menjadi sebuah momentum penting bagi Jakarta untuk memperoleh identitas baru, dari sebuah Ibukota, menjadi destinasi dunia yang harus dikunjungi para travel enthusiast”, kata Sandiaga yang juga pernah menjabat sebagai Wakli Gubernur DKI Jakarta.

Monumen Nasional, Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Kabaparekraf Ni Made Ayu Marthini menjelaskan berdasarkan statistik, sepanjang Januari hingga Juni 2023, Jakarta dikunjungi 798.163 wisatawan mancanegara. 

“Pengakuan Lonely Planet kepada Jakarta sebagai One of the Best Cities to Visit in 2024, sejalan dengan rencana pemindahan Ibukota baru, menunjukkan bahwa Jakarta semakin keren sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya