5 Negara Termudah untuk Dapat Kewarnegaraan, Ada Tetangga Indonesia!

Ilustrasi Paspor di Dunia
Sumber :
  • Henley Passport Index

Jakarta – Di sebagian besar negara, seseorang secara otomatis memperoleh kewarganegaraan setelah lahir tanpa melalui biaya atau proses tambahan, yang dikenal sebagai kewarganegaraan hak asasi.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Namun, ada situasi di mana seseorang mungkin berkeinginan untuk mengubah kewarganegaraannya ke negara lain atau, di negara yang mengizinkan kewarganegaraan ganda, atau bahkan beralih sepenuhnya ke kewarganegaraan baru.

Ilustrasi paspor.

Photo :
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Skenario ini sering terjadi pada imigran. Meskipun banyak calon imigran puas dengan hanya melakukan pemindahan. Proses memperoleh kewarganegaraan mengikuti pola yang sama, dengan negara-negara yang lebih menyederhanakan prosesnya dan memiliki biaya dan/atau persyaratan minimal untuk memperoleh kewarganegaraan cenderung lebih diminati.

Berikut beberapa negara yang menawarkan proses pemberian kewarganegaraan yang relatif mudah, yang mungkin dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang berminat.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

1. Kanada

Negara terbesar di Amerika Utara dan terbesar kedua di dunia, Kanada juga merupakan salah satu negara yang paling ramah, dengan persyaratan tempat tinggal langsung yang mengarah ke kewarganegaraan yang mudah diperoleh.

Kandidat harus secara resmi tinggal di Kanada selama tiga dari lima tahun terakhir, harus membayar pajak yang diperlukan, harus lulus tes biasa dalam sejarah dan bahasa (Inggris atau Prancis), dan harus membayar biaya pemrosesan minimal $630 CAN (untuk orang dewasa ).

2. Republik Dominika

Persyaratan untuk kewarganegaraan di Republik Dominika sangat mudah, meskipun ada aspek keuangan yang menonjol. Untuk mendirikan tempat tinggal permanen, seseorang harus menunjukkan pendapatan bulanan minimal $2.000 USD per bulan ($1.500 untuk pensiunan).

Kolam renang di bandara internasional Punta Cana di Republik Dominika

Photo :

Setelah tinggal dua tahun sebagai penduduk tetap di DR—diperpendek menjadi enam bulan jika menikah dengan seorang wanita Dominika dan dibebaskan sepenuhnya jika menikah dengan pria Dominika, seseorang dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan penuh.

Proses kewarganegaraan mencakup wawancara yang diucapkan dalam bahasa Spanyol dan pemeriksaan medis, dan seluruh proses memakan waktu sekitar tiga tahun. Namun, salah satu kelemahan yang signifikan adalah biaya naturalisasi sekitar $200.000.

3. Jerman

VIVA Otomotif: Pameran IAA Mobility di Munich, Jerman

Photo :
  • Carscoops

Negara dengan tingkat imigrasi tertinggi kedua di dunia, Jerman memiliki proses yang mapan untuk menjadi warga negara yang dinaturalisasi. Kewarganegaraan tersedia bagi mereka yang telah tinggal di Jerman selama enam hingga delapan tahun (tergantung keadaan), dapat lulus ujian bahasa dan kewarganegaraan Jerman, dapat menghidupi diri sendiri, tidak memiliki catatan kriminal, dan bersedia melepaskan kewarganegaraan mereka yang ada.

4. Irlandia

Untuk mengajukan permohonan kewarganegaraan di Irlandia—bisa dibilang negara paling ramah di dunia yang diakhiri dengan "tanah"—seseorang harus tinggal di negara itu selama satu tahun.

Selama delapan tahun ke depan, seseorang harus tinggal di Irlandia setidaknya selama empat tahun kumulatif. Persyaratan residensi bahkan dapat diabaikan bagi mereka yang dapat membuktikan keturunan Irlandia. Persyaratan tambahan juga mudah dicapai.

Singapura.

Photo :
  • Pixabay/ sasint

Seseorang dapat menjadi penduduk tetap Singapura dengan bekerja di negara tersebut, membuka bisnis, atau menikahi seorang warga negara. Setelah dua tahun, opsi untuk mengajukan kewarganegaraan menjadi tersedia.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah bahwa warga negara laki-laki dengan usia tertentu diwajibkan untuk melakukan Layanan Nasional di tentara Singapura. Setelah Layanan Nasional selesai, penduduk pria dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya