Myanmar Bersiap Gelar Festival Kason

Pyin U Lwin di Myanmar
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Buat traveler yang ingin bepergian ke Myanmar, maka ini adalah saat yang tepat. Sebab, 2 Mei mendatang negara itu akan mengadakan Festival Kason, salah satu perayaan agama paling penting di sana.

Myanmar yang mayoritas penduduknya memeluk agama Budha merayakan hari raya Kason, yang menandai tahap kehidupan terpenting Sang Buddha.

Mulai dari kelahiran, pencerahan dari Nirwana hingga kematiannya yang semuanya terjadi, di hari yang sama sesuai dengan perhitungan kalender, tepatnya pada 2,500 tahun silam, demikian informasi yang redaksi terima dari situs pemesanan hotel Agoda.

Festival Kason dirayakan bulan Mei, sebuah periode paling panas di Myanmar. Salah satu elemen alam penting dalam perayaan ini, adalah air yang mengalir tanpa henti dalam proses upacara keagamaannya.

Hampir di setiap kuil besar Myanmar yang jumlahnya bisa mencapai ribuan, akan diadakan parade dan musik meriah dengan partisipan akan membawa pot dan kendi terbuat dari tanah liat.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Pot ini kemudian akan diisi dengan air yang mengalir dan disediakan di tiap kuil lalu orang-orang akan berbondong-bondong menuju ke arah tanaman pohon Bodhi yang terdapat di pekarangan kuil.

Pohon Bodhi dianggap suci karena Sang Buddha sendiri mendapat pencerahan dari Nirwana pada saat sedang bermeditasi di bawah pohon Bodhi.

Untuk menghormati sejarah dan kebudayaan ini, air dari kendi akan disiramkan ke bagian akar pohon Bodhi untuk menjaganya tetap sehat dan kuat di musim kemarau yang terik.

Di samping itu, tentu saja perayaan ini dilengkapi dengan musik dan sajian hidangan lokal yang berlimpah untuk menambah kemeriahan suasana.

Festival Kason adalah kesempatan terbaik untuk turis menikmati perayaan budaya yang menakjubkan, sekaligus berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah.

![vivamore="Baca Juga :"]

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri



Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan
[/vivamore]
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024