Tujuh 'Neraka' Ini Ada di Jepang

Chinoike Jigoku, Jepang
Sumber :
  • japan.apike.ca

VIVA.co.id – Pulau Kyushu di Jepang adalah tempat yang kaya akan aktivitas geotermal atau panas bumi, karena letaknya dekat dengan gunung teraktif Jepang, Gunung Aso. Tak heran di pulau ini banyak sekali terdapat tempat pemandian air panas alami.

Seru dan Deg-degannya Main di Lost World of Tambun

Salah satu yang paling terkenal terletak di kota Beppu. Kota ini berada di antara teluk dan dua gunung api nonaktif di bagian timur pulau tersebut.

Dilansir dari Amusing Planet, pulau Beppu memiliki lebih dari 2.900 kolam air panas yang berisi 130 ribu ton air yang berasal dari tanah setiap harinya. Uap yang muncul dari kolam air panas ini membuat kota ini selalu tampak mengeluarkan asap. Tak heran kota ini disebut-sebut sebagai kota dengan kolam air panas terbanyak di dunia.

Obsesi Jepang Jadi Negara Paling Ingin Dikunjungi di Dunia

Kolam air panas paling populer di kota ini disebut jigoku, yang artinya neraka. Beppu memiliki delapan jigoku dan semuanya memiliki suhu 50 sampai 99,5 derajat celsius. Jigoku memang tidak digunakan untuk berendam, tapi jigoku banyak menarik perhatian para wisatawan.

Beppu memiliki beberapa kolam air panas yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan sehari-hari. Beberapa air panas ini dialirkan ke rumah-rumah warga, restoran, penelitian pertanian, terapi dan rekreasi. Berikut beberapa kolam air panas terkenal di Beppu.

Pengalaman Murah Tidak Terlupakan Ketika Berada di Kyoto

Chinoike Jigoku

Kolam ini adalah yang paling terkenal di Beppu. Kolam ini memiliki kadar besi dan magnesium yang tinggi, sehingga membuat Chinoike Jigoku memiliki warna merah darah. Kolam ini disebut 'kolam neraka berdarah'.

Umi Jigoku

Umi Jigoku atau 'laut neraka' ini memiliki air berwarna biru seperti lautan. Meskipun kolam ini tampak sejuk, suhu air di kolam ini mencapai 98 derajat.

Di tamannya yang luas, terdapat beberapa kolam air panas berwarna oranye dan kolam yang berisi teratai yang daunnya cukup kuat untuk dinaiki seorang anak kecil. Di sini, penduduk juga menjual puding dan telur yang direbus di kolam air panas tersebut.

Umi Jigoku

Oniishibozu Jigoku (shaven monk's head hell)

Nama ini berasal dari gelumbung lumpur yang tampak menyerupai kepala botak biarawan Jepang. Di dekat kolam tersebut terdapat tempat pemandian umum dengan beberapa kolam renang.

Shiraike Jigoku

Kolam ini memiliki warna putih susu. Warna ini berasal dari campuran beberapa mineral, yaitu asam borat, garam, sodium silikat dan kalsium bikarbonat. Kolam ini dikelilingi oleh sebuah taman dan akuarium yang berisi ikan piranha.

Kamado Jigoku

Kolam yang disebut juga cooking pot hell, terdiri dari beberapa kolam air panas. Pada pintu masuk kolam terdapat dua patung setan.

Di sana, para pengunjung bisa memimun air panas di kolam tersebut, merendam tangan dan kaki serta mencoba berbagai makanan ringan yang dimasak dengan menggunakan air panas tersebut.

Oniyama Jigoku

Kolam ini disebut sebagai 'neraka buaya'. Itu karena di kolam ini terdapat banyak buaya yang hidup dan berkembang.

Tatsumaki Jigoku

Kolam yang dijuluki 'neraka geyser' ini adalah geyser panas yang bererupsi setiap 30-40 menit selama 6-10 menit. Tinggi pancaran air geyser ini mencapai 50 meter. Geyser ini miliki lempeng batuan yang mencegah pancaran air menjadi lebih tinggi agar tidak memancarkan air ke berbagai arah dan mengenai para wisatawan.

Tatsumaki Jigoku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya