Tiga Rencana Menpar Jadikan Danau Toba Wisata Favorit

Danau Toba.
Sumber :
  • facebook.com/pages/Toba-Festival

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata, Arief Yahya berencana menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, ada tiga hal yang sedang ia persiapkan terkait dengan infrastruktur.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Pertama adalah mengusung tagline super volcano geo park. "Jadi untuk diketahui rekan-rekan, Toba itu danau vulkanik terbesar di dunia. Sehingga layak untuk masuk ke geo park nya UNESCO," ucapnya saat ditemui di Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Agustus 2016.

Selain itu, saat ini akses untuk ke Bandara Silangit tengah diperbesar dan diperpanjang. "Bandara Sibisa tahun ini desainnya sudah selesai. Lalu inna ring road Samosir kita akan buat jalan outter ring road Danau Toba kita buat. Jalan tol dari Kualanamu ke Tebing Tinggi," ujarnya menjelaskan.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Sedangkan yang ketiga yakni terkait dengan segala fasilitas pendukung yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan selama berada di destinasi, seperti ketersediaan sarana akomodasi untuk menginap serta restoran atau warung untuk makan dan minum.

"Itu tourism resort di sana yang akan kita bangun sekitar 500 hektare. Jadi bayangannya adalah seperti kawasan ekonomi khusus Lesung atau Nusa Dua, atau kaya pariwisata Mandalika."

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

(mus) 

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024