Bergerak dalam Aktivitas Religi

Sorot ghirah - Umat muslim muda menghafal ayat Alquran
Sorot ghirah - Umat muslim muda menghafal ayat Alquran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA –  "Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncang dunia," pernyataan terkenal itu pernah disampaikan oleh Sukarno, Presiden pertama RI.

Sukarno sepertinya sangat menyadari, betapa bergairah dan perkasanya seorang pemuda. Jika mereka bergabung, dampaknya akan dahsyat. Kalimat itu juga masih relevan hingga sekarang.

Bermula pada era tahun 2000-an, banyak kegiatan yang dipenuhi kaum muda. Ditandai dengan maraknya aktivitas di masjid, pengajian, kegiatan keagamaan, hingga aktivitas sosial. Bahkan, ibadah umrah dan haji juga sudah diwarnai kelompok usia itu. 

Gairah beragama kaum muda terefleksikan melalui aktivitas yang unik dan sarat dengan nilai-nilai agama. Beberapa kegiatan yang mereka gagas bahkan berhasil bertahan melewati tahun demi tahun dan tetap konsisten. 

Kegiatannya semakin membesar, relawannya mencapai ribuan dan tersebar di banyak provinsi. Aktivitas itu dijalankan dengan konsisten, selain sebagai dakwah, juga dirasakan sebagai cara untuk merefleksikan nilai-nilai Islami yang menjadi pegangan hidup. 

Sorot ghirah - Umat muslim membaca (tadarus) Al Quran

Ricky Rinaldi, penggagas One Day One Juz dan Gita Saraswati, pencetus Gerakan Mukena Bersih, tak pernah menduga. Kegiatan yang awalnya hanya untuk menjalankan ajaran agama ternyata mampu menggerakkan publik untuk melakukan hal yang sama.