Gaya Seleksi Sekolah Negeri

Sistem Zonasi Pendaftaran Sekolah
Sistem Zonasi Pendaftaran Sekolah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Jarum jam menunjukkan angka 08.10 WIB. Orang-orang tampak ramai berkerumun pada sejumlah titik di SMA Negeri 1 Tangerang Selatan, Banten. Ada yang sibuk mengisi formulir, bercakap-cakap, hingga duduk-duduk di pinggir sampai ke tengah lapangan olahraga.

Pagi itu, para siswa SMP ditemani orangtua maupun rekan-rekannya berbondong-bondong hendak mendaftar menjadi calon siswa di sekolah itu. Senin, 17 Juni 2019 tersebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai dibuka. 

Di bawah tangga di pinggir lapangan, mereka tampak mengisi lembaran kertas putih dengan nomor serta identitas nama dan sekolah asal. Ketika itu, nomor urut sudah mencapai di atas angka 400. Seiring waktu bergulir, daftar nama-nama tersebut terus bertambah.

Sistem Zonasi Pendaftaran Sekolah

Suasana pendaftaran sekolah dengan sistem zonasi

Berdasarkan daftar tersebut, panitia lantas memberikan nomor yang tercetak di potongan kertas berwarna kuning berisi nomor urut secara bertahap. Bagi mereka yang telah menerima kertas kuning itu, bisa menuju ruang verifikasi dan validasi. Di ruang yang berada di lantai dua itu, pendaftar menunggu panggilan untuk diverifikasi dan divalidasi datanya.

Proses verifikasi dan validasi tersebut cukup memakan waktu. Sementara masyarakat yang hendak mendaftar semakin banyak. Panitia lantas memberikan nomor urut di kertas kuning itu sekaligus. Nama-nama pendaftar di kertas itu dipanggil satu per satu.