Demonstrasi, Dulu dan Kini

Ribuan mahasiswa dari banyak kampus dan elemen masyarakat lain berdemonstrasi di depan gedung DPRD Jawa Timur di Surabaya pada Kamis, 26 September 2019.
Ribuan mahasiswa dari banyak kampus dan elemen masyarakat lain berdemonstrasi di depan gedung DPRD Jawa Timur di Surabaya pada Kamis, 26 September 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Aksi mahasiswa dan pelajar selama sepekan terakhir terus bergulir. Tak kenal keluh, mereka terus berpeluh.

Akmal diam sejenak, matanya begitu serius menatap perangkat ponsel pintar miliknya. Sebagai mahasiswa baru di sebuah kampus negeri di kota Solo, Jawa Tengah, ia tergerak untuk ikut beraksi, berdemonstrasi menggunakan jaket almamater dan berada dalam barisan yang menyuarakan kebenaran. 

Seliweran meme, ajakan, dan imbauan untuk maba (mahasiswa baru) sepertinya begitu menggoda, sayang untuk dilewatkan. Ia lalu memberanikan diri mengontak orangtuanya di Bogor. Melalui ponsel, ia sampaikan keinginan turun ke jalan. Ia capture aneka ajakan serta imbauan, dan minta diizinkan. 

Gagdet memudahkan. Akmal menggunakan perangkat itu dengan maksimal. Sejak bersiap untuk ikut aksi demonstrasi, hingga mendokumentasikan setiap kegiatan. 

Aksi Demonstrasi Tolak RKUHP dan UU KPK di DPRAksi unjuk rasa di Jakarta

Termasuk merekam saat senior-senior kampus melakukan orasi, meneriakkan yel-yel, dan menyampaikan tuntutan. Penuh gairah ia mengikuti rangkaian aksi. Bahkan bersyukur bisa menjadi bagian. 

"Belum tentu terulang lagi kayak gini. Makanya ikut terjun," ujar mahasiswa berusia 18 tahun itu kepada VIVAnews.