Gelandang Terbaik Premier League Ada di MU, Ini Buktinya

Gelandang Manchester United, Juan Mata
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Jika ada pertanyaan, siapa gelandang terbaik yang memiliki peran penting bagi klubnya di Premier League? Tentu gelandang dari tim yang kini berada di papan atas klasemen seperti Mesut Oezil, Philippe Coutinho, Eden Hazard, akan menjadi jawaban mayoritas.

Pulang ke Spanyol Usai Juara di J League

Namun, nyatanya, gelandang terbaik Premier League dimiliki klub besar Inggris yang kini sedang terseok-seok untuk menembus papan atas klasemen, Manchester United. Pemain yang dimaksud adalah Juan Mata.

Ya, Stats Insider mencatat, Mata memiliki statistik yang menakjubkan sejak kedatangannya ke liga sepakbola kasta tertinggi Negeri Ratu Elizabeth pada 2011 silam. Pemain asal Spanyol ini sudah mencetak 42 gol dan menyumbang 41 assist.

2 Gelar Juara Juan Mata dalam 6 Bulan, J League dan Liga Turki

Catatan ini lebih unggul jika dibandingan gelandang Manchester City, David Silva, yang berada di posisi 2 dengan capaian 31 gol dan 52 assist, di periode yang sama dengan Mata. Disusul Eden Hazard di posisi 3 dengan 48 gol dan 31 assist.

Jika di atas adalah statistik dihitung berdasarkan posisi acak, maka kalau dibandingkan performa Mata ketika dipasang sebagai pemain nomor 10, dan "diadu" dengan pemain nomor 10 lain dari enam klub besar seperti  Philippe Coutinho (Liverpool), Mesut Oezil (Arsenal), David Silva dan Kevin De Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea) dan Christian Eriksen (Tottenham Hotspur), Mata masih memimpin.

Andre Onana Tak Dikawal Sebaik David De Gea di Manchester United

Mata yang dimainkan sebagai pemain nomor 10 sebanyak 43 kali, mencetak 13 gol dan 10 assist. Rata-rata dia hanya membutuhkan 148,6 menit untuk mencetak satu gol. Posisi 2 menjadi milik Coutinho dengan 11 gol dan tiga assist dari 31 pertandingan. Rata-rata dia mencetak satu gol setiap 172,5 menit.

Di laga terakhir MU melawan Arsenal, Mata mencetak gol bagi klubnya. Performa Mata mendapat pujian dari Jamie Carragher, yang notabene adalah legenda dari klub rival Setan Merah, Liverpool.

"Saya rasa saat ini kita sedang melihat performa hebat dari salah satu pemain yang dikucilkan di Premier League. Saya pikir sudah waktunya sekarang kita mulai melihat Mata sebagai pemain yang masih memiliki level sepadan dengan Kevin De Bruyne, Philippe Coutinho, David Silva dan Eden Hazard," kata Carragher. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya