Gawat, Baku Tembak Tentara Armenia dan Pasukan Azerbaijan Terjadi Lagi

VIVA Militer: Prajurit Angkatan Bersenjata Armenia di perbatasan Azerbaijan
Sumber :
  • RadioFreeEurope RadioLiberty (RFERL)

VIVA – Setelah hampir satu tahun mengalami gencatan senjata, pasukan militer Armenia dan Azerbaijan kembali terlibat kontak tembak. Insiden terjadi Kamis 26 Agustus 2021, dini hari waktu Azerbaijan.

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Dilansir VIVA Militer dari media Azerbaijan, Trend, pasukan Angkatan Bersenjata Armenia yang berada di pemukiman Yukhari Zaghali, Basarkechar, secara berkala melancarkan serangan ke basis pasukan militer Azerbaijan.

Laporan lain dari Kementerian Pertahaan Azerbaijan, pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan yang berada di pemukiman Istisu, Kalbajar, membalas serangan oasukan Armenia.

Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Pemerintah Azerbaijan mengklaim jika pasukannya telah berhasil memukul mundur pasukan Armenia, dan mengendalikan situasi secara penuh.

Pertikaian Armenia dan Azerbaijan sebenarnya sudah mereda dalam kurun waktu setahun terakhir. Pasukan militer Armenia dan Azerbaijan sempat terlibat baku tembak di wilayah Tovuz, pada 12-16 Juli 2020 lalu. Insiden tersebut adalah episode lanjutan Perang Armenia-Azerbaijan yang sudah berlangsung sejak 1994.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan

Photo :
  • Caspian News

Saat itu, dua orang perwira militer Armenia yakni Mayor Garush Hambardzumyan dan Kapten Sos Elbakyan, tewas. Sementara itu, tiga orang prajurit militer Armenia juga meregang nyawa akibat serangan pasukan Azerbaijan. 

Ketiga prajurit tersebut adalah Sersan Junior Smbat Gabrielyan, Sersan Junior Grisha Matjosyan, dan Prajurit Kepala Arthur Muradyan.

Di kubu Azerbaijan, korban jiwa jatuh lebih banyak. Ada tujuh orang bintara, dan lima orang perwira militer Azerbaijan yang tewas. Salah satunya adalah Mayor Jenderal Polad Israyil Hashimov, Wakil Komandan dan Kepala Staf Korps Angkatan Darat ke-3 Angkatan Bersenjata Azerbaijan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya