Kakek Yahudi Penyintas Kamp Konsentrasi Nazi Tewas Dibom Rusia

VIVA Militer: Warga Ukraina, Borys Romanchenko, penyintas kekejaman Nazi Jerman
Sumber :
  • Twitter/@DmytroKuleba

VIVA – Borys Romanchenko, warga sipil Ukraina berumur 96 tahun tewas dalam serangan rudal militer Rusia ke Kharkiv pekan lalu. Romanchenko adalah salah satu penyintas kamp konsentrasi Yahudi era Nazi Jerman, dalam kecamuk Perang Dunia II.

Mobil China Sentuh Harga Rp1 Miliar, BMW Mengaku Tidak Ambil Pusing

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari Global News, cucu perempuan Romanchenko yang tak disebutkan namanya mengatakan, sang kake tengah berada di gedung apartemen yang menjadi sasaran tembak rudal Rusia.

Kabar kematian Romanchenko juga sudah sampai ke telinga Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba. Lewat akun Twitter pribadinya, Kuleba mengonfirnasi meninggalnya Romanchenko.

BSSN Kirim Satgas Pengamanan WWF ke-10 di Bali

"Penyintas (Adolf) Hitler dibunuh oleh (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” tulis Kuleba.

“Dia menjalani kehidupan yang tenang di Kharkiv hingga baru-baru ini... Jumat lalu, sebuah bom Rusia menghantam rumahnya dan membunuhnya,” kata Kuleba.

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

Dalam catatan lain yang diperoleh VIVA Militer dari Komite Internasional Buchenwald-Dora, lembaga yang menaungi korban Holocaust, Romanchenko berhasil selamat dari kekejaman Nazi Jerman.

Lembaga itu menyatakan, Romanchenko pernah ditempatkan di empat kamp konsentrasi Yahudi berbeda. Mulai dari Bergen-Belsen (Bergen), Peenemünde (Usedom-Nord), Buchenwald (Weimar) dan Mittelbau-Dora (Nordhausen).

"Boris Romantschenko selamat dari kamp konsentrasi #Buchenwald, #Peenemünde, #Dora dan #BergenBelsen," bunyi pernyataan Komite Internasional Buchenwald-Dora di

.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya