Horor, Ibukota Ukraina Dibombardir Lebih dari 30 Drone Tempur Rusia

VIVA Militer: Ledakan di Kiev, Ukraina, akibat serangan militer Rusia
Sumber :
  • unian.info

VIVA – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) melancarkan serangan masif ke ibukota Ukraina, Kiev, Senin 8 Mei 2023 malam waktu setempat. Kota terbesar di Ukraina diteror lebih lebih dari 30 pesawat tanpa awak (drone) militer Rusia.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Walikota Kiev, Vitaly Klitschko, mengonfirmasi serangan dahsyat militer Rusia. Menurut Klitschko, setidaknya ada 35 drone yang membombardir Kiev.

Lebih lanjut mantan juara dunia tinju itu mengklaim jika seluruh drone berhasil ditembak jatuh sistem pertahanan udara. 30 unit drone Rusia bahkan dihancurkan di wilayah udara Kiev.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Ini adalah serangan pesawat tak berawak paling masif di ibu kota selama seluruh perang. 35 (drone) ditembak jatuh di atas ibu kota," ujar Klitschko dikutip VIVA Militer dari Telegraph India.

VIVA Militer: Puing drone militer Rusia di Kiev, Ukraina

Photo :
  • euractiv.com
Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Namun demikian, Klitschko menyebut jika perhitungan terhadap kerugian militer Rusia kemungkinan berbeda dengan data yang dicatat Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU).

"Tidak mungkin segera menyamakan perbedaan antara penghitungannya dan penghitungan militer. Meskipun jumlah yang bertentangan sering terjadi setelah serangan," katanya.

Lima orang warga sipil disebut Klitschko mengalami luka-luka dalam serangan tersebut. Kelima orang ini tertimpa puing drone yang ditembak jatuh sistem pertahanan udara militer Ukraina.

"Setidaknya lima orang terluka ketika puing-puing pesawat tak berawak jatuh ke bangunan," ucap Klitschko.

VIVA Militer: Serangan drone militer Rusia di Kiev, Ukraina

Photo :
  • war.ukraine.ua

Dalam laporan lainnya, serangan Rusia juga menghantam wilayah Kharkiv, Kherson, Mykolaiv dan Odessa dalam 24 jam terakhir. Menurut data militer Ukraina, 16 roket telah menghantam wilayah Kharkiv, Kherson, Mykolaiv dan Odesa.

Militer Ukraina juga menyatakan jika pasukan Rusia melancarkan 61 serangan dan 52 tembakan roket ke posisi Ukraina dan daerah berpenduduk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya